Cara Mencegah Tanaman Padi Roboh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Seiring semakin menuanya padi dan mulai berisi tanaman padi akan terlihat menunduk karena berat dari daun dan bulir padi. Angin dan hujan dapat mengakibatkan tanaman padi rebah. Musim tanam padi yang berada pada musim penghujan menjadi berkah dengan ketersediaan air tetapi di sisi lain ketika padi sudah mulai menua dan berisi akan rentan roboh terkena angin maupun hujan sehingga akan kehilangan potensi hasil panen.

Cara Mencegah Tanaman Padi Roboh
Cara Mencegah Tanaman Padi Roboh

Beberapa cara yang sudah dilakukan adalah dengan mengikat tanaman padi menjadi sekelompok agar tidak mudah roboh. Tanaman padi yang sudah roboh akan terganggu proses tranfer unsur hara di batang padi sehingga bulir padi tidak akan berkembang.

Penyebab padi mudah roboh:

  1. Tanaman padi terlalu gemuk sehingga batang tanaman padi tidak kuat menopang daun dan malai padi yang tumbuh sangat lebat yang mengakibatkan apabila terkena angin sedikit akan mudah rebah.
  2. Pangkal batang tanaman busuk yang disebabkan oleh penggenangan air yang terus-menerus tanpa adanya pengaturan pengairan.

Hal yang dilakukan agar padi tidak mudah Roboh:

  1. Penanaman varietas yang tidak tinggi maupun jenis yang tahan air.
  2. Mengurangi penggunaan pupuk dengan unsur N yang berlebih, semisal Urea karena pupuk jenis ini dapat mengakibatkan daun terlalu lebat dan tanaman terlalu gemuk. Gunakan juga pupuk ZA atau NPK karena pupuk ini bisa menguatkan batang tanaman padi.
  3. Pola pengaturan pengairan, dengan kadang mengeringkan lahan pertanian jangan terus-terusan menggenangi tanaman padi karena bisa mengakibatkan batang mudah busuk.
  4. Pemotongan pada daun bagian atas apabila pemupukan sudah terkontrol dan berimbang tetapi tanaman masih terlalu gemuk. Pengurangan daun kurang lebih 10-15cm pada saat umur tanaman 45-50 hst jangan lebih dari itu. Pemotongan ini bertujuan untuk mengurangi beban yang ditopang batang tanaman padi, agar nantinya saat terkena hujan batang kuat menopang.

 

Pemotongan Daun Padi
Pemotongan Daun Padi (www.nasa-borneo.com)

 

Padi Berbuah sesudah pemotongan daun
Padi Berbuah sesudah pemotongan daun (www.nasa-borneo.com)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan