H- 1 Lebaran, Harga Daging Di Pidie dan Pijay Capai 170 /Kg

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Harga daging sapi di Teupin Raya Kec. Glumpang Tiga Pidie dan Pasar Lueng Putu, Kec. Bandar Baru, Pidie Jaya hari ini, Minggu (5/6) mengalami kenaikan drastis di H-1 lebaran Sementara harga udang dan ikan relatif stabil.

Netizen

Foto Netizen yang mengebarkan pasar daging di Keude Lueng Putu Pidie Jaya.

Kenaikan disebabkan permitaan yang tinggi untuk tradisi meugang yaitu  tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu oleh masyarakat Aceh, Meugang atau Makmeugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi dan dilaksanakan setahun tiga kali, yakni Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha, Sapi dan kambing yang disembelih berjumlah ratusan. Selain kambing dan sapi, masyarakat Aceh yang ekonomi berkecukupan tidak sanggup membeli daging sapi/kerbau mereka menyembelih ayam dan bebek. Tradisi Meugang di Gampong biasanya berlangsung satu hari sebelum bulan Ramadhan atau hari raya, sedangkan di kota berlangsung dua hari sebelum Ramdhan atau hari raya.

Harga 1 kg daging kerbau mencapai Rp160.000, sedangkan harga daging sapi Aceh mencapai Rp170 ribu per kg. Sejak dini hari, pasar-pasar seperti pasar Teupin Raya dan Lueng Putu  mulai diserbu warga yang ingin membeli daging untuk merayakan hari meugang.

Informasi diterima dari Netizen menjelang siang harga daging sapi kembali naik seperti di Beureuneun dan Teupin Raya mencapai 200 /kg.[]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan