Pidie Sosialisasikan Program ‘Kotaku’

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – BANDA ACEH, Kabupaten Pidie menjadi yang pertama di Aceh menyosialisasikan program Kota tanpa Kumuh (Kotaku) yang sebelumnya bernama Program Penanggulangan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP).

“Pidie yang merupakan salah satu dari 12 kabupaten/kota di Aceh  dampingan P2KKP menjadi yang pertama menyosialisasikan Program Kotaku. Sedangkan sosialisasi secara nasional dilakukan akhir April lalu,” kata Maya Keumala Dewi selaku Asisten Koordinator Kota (Askot) Community Development Program Kotaku Kabupaten Pidie kepada Serambi, Rabu (22/6).

Menurut Maya, sosialisasi Program Kotaku di Kabupaten Pidie sekaligus penayangan film Selaras berlangsung Selasa (21/6) di Aula Bappeda Pidie.

Program Kotaku, menurut Maya merupakan upaya strategis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Ditjen Cipta Karya dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dan memperkuat peran Pemerintah Daerah dalam percepatan penanganan kawasan kumuh dan sekaligus mendukung ‘Gerakan 100 persen sanitasi teratasi, 0 persen wilayah kumuh, 100 persen ketersediaan air bersih’ atau yang dikenal dengan ‘Gerakan 100-0-100’ di perkotaan pada 2016-2019.

Sosialisasi Program Kotaku di Kabupaten Pidie dihadiri antara lain TPKAD Kabupaten Pidie, seluruh Keuchik dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dari 15 Gampong di Kecamatan Kota Sigli, dan Rektor Universitas Jabal Ghafur (Unigha), Drs Sulaiman MPd. Sosialisasi itu sendiri dibuka oleh Kepala Bappeda Pidie diwakili Kasubbid Pengairan, SDA dan Lingkungan, Fauzan Fahmi ST. “Pihak Unigha siap untuk terus terlibat dalam setiap pertemuan dan kegiatan yang berkaitan dengan Program Kotaku,” kata Rektor Unigha menanggapi harapan Kepala Bappeda Pidie.

Sumber : Serambi Indonesia

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan