Tidak Terasa, gampongcotbaroh.desa.id Hampir Tiga Tahun Online

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –  Tanggal 22 November 2013 adalah hari di mana keuchik Gampong Cot Baroh Bapak Abdul Gani Hasan menandatangani sepucuk surat permohonan pendaftaran Domain DESA.ID  dengan alamat gampongcotbaroh.desa.id yang diajukan kepada Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), tidak terasa tanggal 22 November 2013 sudah hampir tiga tahun, tepatnya 22 November 2016 gampongcotbaroh.desa.id berusia 3 tahun, penandatangani surat tersebut setelah melewati sebuah proses panjang yaitu penjelasan apa itu website dan lain sebagainya, yang intinya untuk tujuan  yang mulia yaitu kemajuan Gampong Cot Baroh yang kita cintai salah satunya adalah mempromosikan gampong melalui internet untuk menciptakan e-government gampong.

Maka dengan itu GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID bukan milik pengelola tapi milik masyarakat Gampong Cot Baroh, seperti yang tertera pada About Gampong Cot Baroh bertuliskan “gampongcotbaroh.desa.id adalah website resmi Gampong Cot Baroh sebagai media penyebaran informasi perdesaan/gampong untuk edukasi warga gampong. Dikelola oleh anak muda Gampong Cot Baroh (Pengiat TIK Gampong) Kec. Glumpang Tiga Kab.Pidie, alamat redaksi Jl. Mesjid Aron – Ulee Jembatan Gampong Cot Baroh, Kritik, Saran dan Masukan dapat disampaikan melalui email: gampongcotbaroh@gmail.com. “#Gampong Membangun Aceh, #Desa Membangun Indonesia” .”

Perlu anda ketahui, gampongcotbaroh.desa.id dikelola secara swadaya tampa ada anggaran operasional dari gampong, yang baru didapat adalah biaya penyusunan profil gampong sebesar Rp 1.500.000,- bersumber dari APBG Cot Baroh tahun 2015, hitung-hitung untuk mengantikan  pulsa modem sudah hampir tiga tahun, dan website gampong itu harus bayar layaknya kita sewa rumah, domain itu ibarat alamat rumah (gampongcotbaroh.desa.id) hosting/server adalah tempat simpan data adalah ibarat tanah yang sudah dikapling-kapling dan browser (operamini/google crome/sejenisnya) adalah kenderaan untuk meluncur ke gampongcotbaroh.desa.id dengan bahan bakar pulsa paket internet.

Pertahun gampongcotbaroh.desa.id itu harus bayar sebesar ± Rp 350.000,- dengan rincian Rp 50.000 untuk domain dan 300.000 untuk server/hosting, syukur Alhamdulillah sudah hampir tiga tahun Gampong Cot Baroh belum bayar sedikitpun, untuk hosting dan domain kita disubsidi oleh donatur yang diprakarsai oleh Gedhe Foundation melalui program gerakan desa membangun, terima kasih Gedhe Foundation !

Sejak gampongcotbaroh.desa.id online banyak sekali manfaat yang telah didapat, tapi manfaat ini hanya bisa dimengerti oleh orang yang paham teknologi informasi dan komunikasi dan sangat sedikit orang awam yang mengerti akan manfaat website gampong. Manfaat yang paling berkesan adalah kini Gampong Cot Baroh telah di kenal oleh Masyarakat Nasional  dari Sabang sampai Marauke bahkan Dunia Internasional, ini dibuktikan dengan visitor counter / mesin penghitung otomatis yang terpasang pada website menghitung pengunjung gampongcotbaroh.desa.id sampai tanggal 23-06-2006 berjumlah 74.535 visitor dengan jumlah bendera 80 negara.

Bahkah gampongcotbaroh.desa.id telah menyebet dua penghargaan yang pertama Destika Awards 2014 sebagai desa teknologi informasi dan komunikasi oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI sebaga pengahargaan atas kreatif dan kreatifitas dalam pemanfaatan TIK dengan penggunaan Domain “DESA.ID” adalah langkah pertama untuk membuktikan bahwa website gampong itu bermanfaat dan penghargaan yang kedua yang tidak kalah haru Di penghujung tahun 2015 Gampong Cot Baroh kembali mengukir prestasi gemilang sebagai juara satu gampong IT se Aceh berdasarkan hasil penilaian Komunitas Aceh Smart City, pada acara seminar Membangun Gampong TIK dengan tema #AcehThank 2TheWolrd. Pemberian penghargaan tersebut sponsori oleh @A_Sugiarto2015 awards.

Selain penghargaan, Gampong Cot Baroh juga pernah tampil di TVRI Stasiun Aceh Live dalam acara mengenal IT yang diprakarsai oleh Masyarkat Informasi Teknology dan yang tidak kalah heboh lagi Gampong Cot Baroh mengwakili Aceh masuk dalam film ASSADESSA yang merupan sebuah film documenter yang mengambarkan pemanfaatan Internet, media sosial serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh warga negara Indonesia untuk membangun dan memberdayakan diri, komunitas dan masyarakat sekitarnya. Film ini juga dalam rangka memperkaya khasanah konten lokal yang positif khas Indonesia di ranah maya.

Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang tidak mungkin redaksi menulis semua, yang intinya siapa menanam akan memanen di kemudian hari, siapa yang berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan, siapa yang bekerja keras akan menuai hasil di kemudian hari.

Maka dari itu semua mari kita bekerja sama utuk saling melengkapi dalam mengembangkan website gampongcotbaroh.desa.id menjadi lebih baik lagi dengan cara  berpartisipasi dalam memberikan kontribusi yang dituangkan dalam bentuk tulisan plus foto, sehingga bisa langsung di upload ke dalam website untuk dikaji oleh masyarakat luas dan bagi yang akan menyumbang buah pikirannya bisa melalui e-mail gampongcotbaroh@gmail.com.

Website gampongcotbaroh.desa.id sekarang sudah seperti website toko online, tapi hingga saat ini belum ada produk gampong yang dapat dijual melalui website dan konten website belum banyak yang produk lokal dari anak muda Gampong Cot Baroh, redaksi punya satu program yaitu memasang iklan google (google adsense) pada website gampong layaknya Gampong Riseh Tunong di Aceh Utara, mereka sudah mendapatkan penghasilan dari website gampong, kuncinya yaitu kuatnya pratisipasi pemuda dan warga dalam pemanfaatan internet  untuk kemajuan gampong.

Tak ada gading yang tak retak, dibalik semua prestasi yang telah dicapai, masih ada halangan dan rintangan yang harus kita lalui, kekurangan yang terasa mengganjal, dan hanya upaya dan kerja keras yang akan menyempurnakan semuanya, untuk menghadapinya marilah kita saling bahu membahu untuk membangun Gampong Cot Baroh agar lebih maju dan berdaya saing di segala bidang.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan