Mie Caluek Poni, Kuliner ‘Spaghetti Aceh’ Khas Pidie di Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Mie caluek adalah kuliner mie khas Kabupaten Pidie dan wilayah-wilayah di pantai utara Aceh, tetapi jangan khawatir, Mie Caluek juga bisa ditemukan di Kota Banda Aceh. Mie Caluek adalah salah satu jajanan kaki lima khas Aceh dan mudah didapatkan. Apalagi di bulan puasa, Mie Caluek nyaris ada di setiap penjaja makanan tradisional.

Mie Caluek Poni Gampog Cot Baroh

Memang, menjual Mie Caluek lebih mudah dibanding Mie Aceh karena penjual hanya cukup menyediakan mie yang sudah direbus atau digoreng dalam jumlah banyak saja, lalu tambahkan bumbu pelengkap lainnya. Tidak perlu memasaknya untuk setiap pembelian. Menjual Mie Caluek sama gampangnya seperti menjual pecal. Tinggal satukan saja bahan-bahannya, termasuk mie tentunya, lalu tambahkan saoh kacang. Saos kacangnya juga sama seperti saos kacang untuk pecal. Ya, ciri khas mie caluek ada di saos kacangnya, dan inilah yang membedakannya dengan mie-mie lainnya di Aceh.

Mie caluek juga banyak di terdapat di gampong-gampong dalam Kabupaten Pidie seperti di Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga yaitu mie caluek Poni dengan nama asli Mariani adalah seorang wanita paruh baya yang sehari-hari berjualan mei caluek bersama anaknya Marlina.

Marlina

Lebih kurang sudah tiga puluh tahun beliaun menjaul mie caluek dan pecal untuk memenuhi biaya kebetuhan sehari-hari, dari masa ke masa mie caluek dan pecal Poni selalu mendapat tempat di lidah warga Gampong Cot Baroh dan sekitarnya apalagi saat bualan Puasa.

Omset Jualan Poni berfariasi tergantung pada pendapatan ekomoni pembeli dan pada hari-hari besar seperti tajir untuk berbuka puasa, Hari Raya Idul Fitri, Hari Idul Adha banyak pembeli. Kini usaha jualan mie caluek dan pecal Poni sudah merambah ke miso ayam.(Haloacehku.com & Red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan