Festival Destika 2016 Harus Tempatkan Desa sebagai Aktor Utama

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Diskusi Kelompok Terarah (DKT) membahas persiapan Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) 2016 diselenggarakan di Hotel Haris Bekasi, Senin (13/6). Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengundang Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe) untuk memberikan masukan. Festival Destika 2016 akan digelar di salah satu kampung di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada September mendatang.

Destika 2014

Acara dibuka oleh Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary. Dia memberikan penjelasan singkat perihal Festival Destika, mulai dari Destika 2013 di Desa Melung (Banyumas), Destika 2014 di Desa Tanjungsari (Majalengka), dan Destika 2015 di Desa Lenggang (Belitung Timur). Sekarang, Festival Destika menjadi agenda tahunan di Kemkominfo.

Direktur Gedhe, Yossy Suparyo, berharap Festival Destika 2016 menempatkan desa/kampung sebagai aktor utama. Peserta festival akan banyak berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di wilayah perdesaan. Karena itu, pemilihan tema, kegiatan, dan alokasi waktu harus memberikan porsi yang besar pada warga desa berbagi.

“Festival Destika mempertemukan pemerintah desa, pegiat pemberdayaan desa, pegiat TIK Perdesaan, dan pemerintah supradesa. Mereka saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan semangat dalam penerapan TIK di wilayahnya masing-masing,” ujar Yossy.

Sumber : gedhe.or.id

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan