PENGELOLAAN DANA DESA HARUS DIAWASI DAN DIBINA SECARA BENAR

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – JAKARTA, Guna melakukan pembinaan pengelolaan dana desa agar dapat digunakan secara efektif, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang tiba sejak Jumat 29 April 2016 di Kabupaten Tolitoli menggelar sosialisasi dana desa di Aula kediaman Bupati Tolitoli, Sabtu 30 April 2016.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan, maka penggunaan dana desa harus diawasi dan dibina secara benar. Untuk itu pada hari ini kami dari Kemendes PDTT, sebagai salah satu kementerian yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan UU Desa melalui tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) bertugas mensosialisasikan pengelolaan dana desa ke selurah Desa yang ada di Indonesia,” jelas Dirjen PDT Kementerian Desa PDTT, Singgih Wiranto pada sambutannya mewakili Menteri Desa Marwan Jafar.

Menurutnya kegiatan tersebut secara simbolis telah dimulai secara estafet mulai dari kabupaten Barru, Polewali Mandar serta Kabupaten Tolitoli dan akan mengakhiri estafet pertama ini di Gorontalo Utara. Total ada 4 Provinsi dan 13 Kabupaten yang akan menjadi lokasi kunjungan Tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) pada estafet satu ini di Pulau Sulawesi.

Singgih Wiranto menuturkan pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk dari keseriusan Menteri Desa, Marwan Jafar saat ini terhadap pengelolaan dana desa.

“Secara filosofi dana desa digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan,” tuturnya di hadapan Kepala Desa Se-Kapubaten Tolitoli.

Singgih Wiranto juga menyampaikan pesan dari Menteri Desa, Marwan Jafar, khususnya kepada seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Tolitoli untuk mengelola dana desa sebaik mungkin.

Selain itu Singgih menilai khususnya penggunaan dana desa di Kabupaten Tolitoli sangat memberikan pengaruh yang besar dalam mendorong percepatan pembangunan saat ini.

Sementara itu Wakil Bupati Tolitoli, Abdul Rahman pada sambutannya mengatakan, agar dana desa tidak diselewengkan oleh oknum aparat desa. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tolitoli telah melakukan langkah-langkah antipasif antara lain membentuk satuan kerja pembinaan dan pengawasan pembangunan desa yang ditetapkan dengan keputusan Bupati.

Selain dihadiri oleh rombongan tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terdiri dari Dirjen PDT, Singgih Wiranto didampingi Sesditjen PDT, Razali acara tersebut juga dihadiri pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Tolitoli, aparat desa atau kelurahan dan kecamatan termasuk pendamping desa yang ada di Kabupaten Tolitoli.

Usai acara sosialisasi tersebut digelar, secara simbolis Dirjen PDT Kementerian Desa PDTT, Singgih Wiranto didampingi Sesditjen PDT, Razali mewakili Menteri Desa, Marwan Jafar menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Tolitoli guna mempercepat pembangunan dari wilayah pedesaan.

Sumber : kemendesa.go.id

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan