Pemanfaatan Website untuk Menggali Potensi Desa

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Perkembangan teknologi tidak dipungkiri telah membawa perubahan yang signifikan. Penggunaan yang tepat dan terarah dapat mempercepat pembangunan di desa.

Teknologi mampu menjawab kebutuhan warga desa sekecil apapun itu. Begitu juga dengan kebutuhan akan informasi, teknologi telah menghadirkan alat bernama website untuk mempermudah warga desa saling berkomunikasi.

Selama lebih dari tiga tahun perjalanan Gerakan Desa Membangun, para para pemerintah desa bersama warganya telah banyak yang berhasil membangun website menjadi portal desa, di dalamnya berisi banyak informasi untuk menggali potensi masing-masing desa.

Seperti saat diadakannya pelatihan sistem informasi desa di Banjarnegara, penggunaan website telah dirasakan manfaatnya bagi sebagian desa di Banjarnegara, di antaranya adalah Desa Giri Tirta dan Desa Merden.

Desa Giri Tirta telah berhasil mengembangkan potensi air terjun menjadi obyek wisata terkenal di Banjarnegara. Sedangkan Desa Merden telah berhasil membuat website menjadi portal untuk berkomunikasi antara pemerintah desa kepada masyarakatnya.

Website menjadi sarana paling mudah dan murah untuk menyebarkan potensi wisata. Tulisan yang dimuat tidak harus belajar menjadi jurnalis profesional untuk menulisnya. Biaya yang diperlukan pun relatif murah karena tidak perlu membayar untuk mengiklankan potensi.

Gedhe Foundation

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan