Jenis Teh Terbaik untuk Tingkatkan Kemampuan Memori

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Segelas teh hangat bisa menjadi pilihan sehat untuk melepaskan penat. Untuk mendapatkan manfaat lain dari teh, misalnya meningkatkan daya ingat, pilihlah teh peppermint.

Jenis Teh Terbaik untuk Tingkatkan Kemampuan Memori

Ilustrasi

Kesimpulan itu dihasilkan setelah peneliti dari Northumbria University menguji efek beberapa jenis herbal dan wewangian pada mood atau suasana hati dan memori.

Para peneliti meminta 180 relawan untuk mengisi kuesioner terkait dengan suasana hati, kemudian secara acak diminta memilih beberapa minuman hangat. Minuman yang tersedia adalah air hangat, teh peppermint, serta teh chamomile.

Sekitar 20 menit setelah menghabiskan minuman tersebut, para partisipan diminta mengerjakan suatu tes untuk mengukur daya ingat serta beberapa fungsi kognitif. Mereka juga mengikuti tes untuk mengetahui mood mereka.

Hasilnya, terdapat kaitan antara teh peppermint serta peningkatan mood dan kemampuan otak. Mereka yang minum teh itu mengalami peningkatan dalam aspek memori yang berdaya panjang, memori kerja, serta kewaspadaan.

Selain itu, para relawan itu juga merasakan efek menenangkan setelah minum teh peppermint.

Pada percobaan kedua yang melibatkan wangi herbal, diketahui juga bahwa wewangian rosemary berefek pada peningkatkan daya ingat.

Sementara itu, wangi lavender memiliki efek menenangkan, tetapi tidak begitu baik pengaruhnya pada daya ingat.

Herbal peppermint, juga rosemary dan lavender, sudah sejak lama diketahui berdampak positif pada mood dan kemampuan kognitif.

Peppermint diketahui bermanfaat mengurangi sakit kepala, mual, tidak nyaman di perut, diare, serta flu. Daun yang rasanya sedikit pedas menyegarkan ini juga pada sebagian orang bisa menghilangkan efek mabuk (hangover).

Sumber : Kompas.com

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan