Harga Komoditi Pinang Capai Rp 16.000,- / Kg

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Bertahannya harga jual pinang membuat kehidupan ekonomi masyarakat gampong sedikit bergairah di beberapa kabupaten di Aceh seperti di Gampong Cot Baroh Kabupaten Pidie, Aceh Utara, Bireuen, dan Aceh Timur dan Pantai Barat Aceh.

Pineung

Pineung

Pinang sendiri merupakan tanaman  sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah Pineung (Aceh), Pining (Batak Toba), Penang (Md.), Jambe (Sd., Jw.), Bua, Ua, Wua, Pua, Fua, Hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya sedangakan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. (Dikutip dari wikipedia)

Harga jual pinang belah pada bulan Februari 2016 berada di kisaran Rp 12-13 ribu per kilogram. Sedangkan harga pinang bulat kering berada di kisaran Rp 17-19 ribu per kilogram.
Baru-baru ini hara pinang kering dipasar Teupin Raya kecamatan Glumpang Tiga Mencapai Rp 16.000,- per Kg dengan kwalitas biji pinang terbaik. (23/04/16)
Harga ini masih dianggap tinggi, meskipun terjadi penurunan bila dibandingkan dengan harga jual pada bulan Nopember 2015.
Kegunaan pinang apa ya, kenapa harganya bisa meroket sampai Rp 16.000,- per kg ! kurang lebih dari 23 negara di dunia membutuhkan suplai biji pinang dalam jumlah besar untuk bahan baku medis, industri, dan kecantikan.
Dengan adanya permintaan yang besar tersebut, diperkirakan harga pinang akan terus meningkat pada setiap tahunnya, diasumsikan pada tahun 2019 harga jual pinang akan terus tumbuh.
Saat ini budidaya pinang semakin banyak dilirik oleh petani, termasuk oleh para pelaku usaha bidang perkebunan. Kondisi ini dikarenakan kebutuhan biji pinang dunia yang semakin tinggi pada setiap tahunnya. 
Di Indonesia harga jual pinang koin (pinang bulat) super dalam dua tahun kebelakang berkisar Rp.21-25 ribu per kilo. Sedangkan harga pinang iris (pinang belah) berkisar Rp.15-17 ribu per kilo. Jika dilihat dari permintaan pinang dunia yang terus meningkat, maka diperkirakan harga pinang pada tahun 2019 bisa mencapai Rp.40-50 ribu per kilo. 
Areca Catechu

Areca Catechu

Kabar gembiran ini tentunya sangat di nanti-nanti oleh petani, termasuk para pelaku usaha perkebunan. Namun demikian, harga pinang lokal di beberapa daerah di Indonesia sering anjlok disebabkan oleh kwalitas biji pinang itu sendiri. Disamping jumlah produksi pinang setiap tahun terus mengalami penurunan hasilnya, karena mayoritas masyarakat masih menanam pinang secara tradisional dan penanganan hasil juga dilakukan seadanya baik pinang koin maupun pinang iris []
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan