KPA / PA Gelar Kheunduri dan Doa Bersama Untuk Korban Konflik di Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID | Jajaran Komite Peralihan Aceh/Partai Aceh (KPA/PA) Teupin Raya Daerah III Wilayah Pidie melalukan kheunduri dan zikir bersama dipusara  Tgk Yahya bin Abdul Wahab dan para syuhada korban konflik lainya.

KPA / PA Gelar Kheunduri dan Doa Bersama Untuk Para Korban Konflik di Gampong Cot Baroh

Doa bersama Di Pusara Tgk. Yahya A. Wahab dan Para Syuhada Korban Konfik Lainya

Tgk. Yahya Bin Abdul Wahab adalah Wakil Panglima GAM Tgk. Abdullah Syafii, yang mana dikalangan GAM  dikenal sebagai penasihat Panglima AGAM Komando Tiro Tgk Abdullah Syafiie.

Tgk Yahya sendiri syahit dalam sebuah serangan fajar yang dilakukan oleh aparat gabungan  di kawasan Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga pada Rabu 25 Oktober 2000, pasca insiden tersebut, masyarakat juga menemukan delapan mayat di areal sawah dan sungai Jimjiem Kecamatan Bandar Baru, kini Kabupaten Pidie Jaya, berjarak sekitar 4 kilometer dari lokasi kejadian. Seperti yang diberitakan oleh Serambi Indonesia Kamis 26 Oktober 2000.

KPA / PA Gelar Kheunduri dan Doa Bersama Untuk Para Korban Konflik di Gampong Cot Baroh

Bupati Pidie sedang mendiarahi Makam Tgk. Yahya A. Wahab dan Para Syuhada Korban Konfik Lainya

Total semua korban serangan fajar Rabu (25/10) oleh aparat gabungan sebanyak berjumlah 10 orang korban, kebanyakan dari mereka adalah masyarakat sipil yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian tani untuk mencari sesuap nasi bagi anak mereka, ini adalah salah satu bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di Aceh ketika konflik melanda Serambi Mekkah.

Seperti berita yang  diterbitkan oleh media online berbahasa inggris  achehtimes.com yang menuliskan Incidents and the Victims of the RI’s Regular Police Operation in Acheh, nanun pada berita tersebut tidak disebukan seorang lagi korban yaitu M. Yani Balukia  warga Gampong Cot Tunong, pada saat kejadian korban berstatus siswa sekolah menengah pertama.

16 tahun sudah berlalu, Tgk. Yahya dan para korban masyarakat sipil  berpulang ke Rahmatullah, Tgk. Yahya Abdul Wahab adalah sosok yang dikagumi oleh Masyarkat Gampong Cot Baroh kerena sifat kepempinannya yang tegas dalam perjuangan.

Minggu 13 Maret 2016 seluruh jajaran KPA Teupin Raya Daerah III Wilayah Pidie mengadakan kheunduri, doa bersama serta  santunan terhadap lima ratusan anak yatim dalam wilayah Kecamatan Glumpang Tiga terdiri dari 34 Gampong dan Mukim Tanoh Mirah Kabupaten Pidie Jaya miliputi Gampong Tanoh Mirah, Alue dan Ujoeng Leubat.

KPA / PA Gelar Kheunduri dan Doa Bersama Untuk Para Korban Konflik di Gampong Cot Baroh

Bapak Bupati Pidie Tgk H. Sarjani Abdullah Menyerahkan Santunan Anak Yatim Secara Simbolis Untuk Anak Yatim Dari Gampong Cot Baroh dan Gampong Cot Tunong

Untuk kheunduri dan santunan anak yatim dipusatkan komplek Meunasah Gampong Cot Baroh sedangkan  doa bersama dipusatkan TPU Gampong Cot Baroh tempat pemakaman para syuhada korban konflik.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua KPA/DPA-PA Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak, Juru Bicara DPA-PA Suadi Sulaiman alias Adi Laweung, mantan Geberur GAM Wilayah yang kini menjadi Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah, Ketua KPA Wilayah Pidie Tgk. Muhammad, anggota DPRK Pidie Fraksi PA Mahfuddin Ismail, sejumlah Eks Tripoli seperti Muhammad Husen Ibrahim, M. Husen (Mop) dan M. Nasir Usman serta semua jajaran KPA dan PA Sagoe Teupin Raya, Kapolsek Gulumpang Minyeuk Ipda. Pol. Mukhtar Chalis, S.Pd.I serta sejumlah SKPD Pemerintah Kabupaten Pidie (Red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan