Pidie Buka Lahan Musim Gadu Seluas 48 Ribu Hektar Lebih

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – Pemerintah Kabupaten Pidie mencanangkan penanaman padi musim gadu tahun 2016 seluas 18 ribu hektar lebih. Pencanangan itu untuk memenuhi target pola tanam tahun ini seluas 48 ribu hektar lebih.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak)

Kadistannak Pidie Ainal Mardhiah menandatangani Pakta Integritas Swasembada Pangan Tahun 2016. @Zamah Sa

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Pidie, Ainal Mardhiah, kepada portalsatu.com, Selasa, 29 Maret 2016.

Pemerintah Kabupaten Pidie telah menandatangani pakta integritas menuju swasembada pangan 2016 dengan Kodim 0102 Pidie di Pendopo Bupati Pidie. Menurut Ainal Mardhiah lahan persawahan di Pidie pada musim rendengan hanya mencapai 29.550 hektar.

Sementara target adalah 48.322 hektar.  “Maka  untuk mencapai target, kita membuka musim tanam gadu seluas 48.322 hektar lagi,” kata Ainal.

Traktor Sedang Membajak Sawah di Sekitar Gampong Cot Baroh

Traktor Sedang Membajak Sawah di Sekitar Gampong Cot Baroh Kec. Glumpang Tiga Untuk Lahan Musim Gadu 2016

Adapun kecamatan yang diprioritaskan pola tanam gadu tahun ini meliputi Glumpang Baro, sebagian Glumpang Tiga, Mutiara Timur, Tiro, Sakti, Tangse dan Geumpang. Penentuan kecamatan ini berdasarkan debit air yang tersedia dan mencukupi untuk menanam padi.

Sedangkan kawasan lainnya, menurut Kadis, dikhawatirkan tidak cukup debit air untuk musim gadu. Untuk kebutuhan akan bibit dan pupuk, Ainal berjanji akan mengupayakan semaksimal mungkin, dan dia yakin tidak akan terkendala.

“Memang kalau musim rendengan kita terkendala masalah pupuk, tetapi insya Allah musim gadu ini tidak ada masalah dengan pupuk,” ujarnya.[](bna)

Pembukaan Lahan Sawah untuk Tanam Gadu 2016 di Gampong Cot Baroh dan Sekitarnya 
portalsatu.com, redaksi gampongcotbaroh.desa.id
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan