Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID | Waktu berjalan sangat cepat, tidak sudah sebulan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala melaksanakan proram KKN di Gampong Cot Baroh.

Tepatnya Selasa (10/02) mereka sudah sebulan penuh bereda di Gampong Cot Baroh, yang mana pada tanggal 10 Januari lalu sebanyak 1.636 mahasiswa Unsyiah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pidie, dari 1.636 mahasiswa, enam mahasiswa bertugas di Gampong Cot Baroh dengan nama Kelompok P240.

Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh
Mahasiswa KKN Unsyiah Kelompok P240 Gampong Cot Baroh

Selama mereka di Gampong Cot Baroh, mereka sangat akrab dengan masyarakat dan program-program yang mereka jalankan dalam Kuliah Kerja Nyata sangat bermanfaat bagi warga Gampong Cot Baroh seperti Lomba Pidato, Pelatihan Jurnalistik Untuk Web Gampong, pengenalan komputer bagi siswa SD Cot Baroh dan anak-anak SMA di Gampong Cot Baroh dan lain sebagainya.

Tepat di malam Selasa (10/02) yaitu malam perpisahan Mahasiswa KKN kelompok P240 Gampong Cot Baroh, Mahasiswa KKN tidak melakukan kegiatan acara perpisahan formal seperti di gampong-gampong lain yaitu berkumpul di Meunasah, karena satu dan lain hal yaitu cuaca tidak bershabat dan listrik mati hidup dan hidup mati hidup, maka untuk menghiasi malam perpisahan hanyalah sebuah kegiatan kecil yang sangat berarti untuk semangat pemuda membangun gampong yaitu acara bakar ayam bersama pemuda Gampong.

Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh
Program Pengenalan Komputer Bagi Anak – Anak Gampong Gampong Cot Baroh

Harapan kami kepada para mahasiswa/i KKN Kelompok P240 di manapun berada, walaupun kegiatan KKN telah selesai, janganlah kalian memutuskan tali silaturrahmi dan tali persaudaraan yang telah terbina selama ini, sekali-sekali jika ada waktu berkunjunglah ke Gampong Cot Baroh dan jika tidak sempat masih bisa dengan cara online online yaitu saweu kamoe / visit us Gampong Cot Baroh di  www.gampongcotbaroh.desa.id dengan harapan mau berpartisipasi dalam memberikan kontribusi yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang dapat di kirim ke email gampongcotbaroh@gmail.com

Seperti  pesan Bapak Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah dalam acara Serah Kembali Mahasiswa KKN (10/02) yang dikutip dari humasprotokolpidiekab.go.id

Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah mengatakan, mahasiswa merupakan pilar dalam mewujudkan generasi pembaharu sebagai penerima tongkat estafet dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun kegiatan KKN telah selesai dilaksanakan, namun adik-adik janganlah memutuskan tali silaturrahmi dan tali persaudaraan yang telah terbina selama ini di tempat kalian melaksanakan KKN,” katanya.

Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh
Pemasangan Papan Informasi Selamat Datang di Gampong Cot Baroh

Bupati mengatakan, di era globalisasi ini kita dituntut untuk lebih banyak mengantisipasi atau membentengi diri terhadap perubahan-perubahan yang dapat memudarkan kepribadian dan ciri khas sebagai bangsa Aceh. Untuk itulah diperlukan kekompakan para kawla muda untuk dapat memfilter diri dari pengaruh negatif dengan cara mengedepankan ilmu pengetahuan agama dan lebih mengenal sejarah Aceh.

Problem ini kata Sarjani, menjadi salah satu tantangan bagi adik-adik untuk dapat mengembalikan kehidupan kaum muda ke arah yang lebih baik demi terwujudnya Aceh yang lebih aman, maju, harmonis serta agamis.

Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh
Mahasiswa KKN P240 Bakar Ayam Bersama Pemuda Gampong Cot Baroh

Pemerintah Kabupaten Pidie lanjut Sarjani, membuka diri bagi seluruh kampus yang ingin menjadikan Pidie sebagai labolatorium pendidikan, “Percayalah, masyarakat Pidie sangat bahagia menerima mahasiswa KKN Unsyiah ini, dan diharapkan ke depan nanti, Unsyiah dapat menjadikan Kabupaten Pidie sebagai tempat pelaksanaan program akademisi apapun,” ujarnya.

Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok P240 Gampong Cot Baroh
ahasiswa KKN P240 Tanam Pohon Jabon Sebelum Pulang dari Gampong Cot Baroh

“Majulah terus wahai generasi muda Aceh, Ingatlah, apa yang adik-adik lakukan hari ini, akan menjadi awal yang besar bagi perjalanan ke depan,” ujarnya lagi di depan mahasiswa yang telah mengakhiri masa KKN. []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan