Masyarakat  Cot Baroh Gelar Meuseuraya Memperingati Maulid Nabi

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Masyarakat Gampong Cot Baroh akan mengadakan sejumlah kegiatan dalam rangka memuliakan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW melalui kegiatan kenduri Maulid yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu ini (6/02) bertepatan dengan  26 Rabiul Akhir 1937 H.

Masyarakat Cot Baroh Gelar Meuseuraya Memperingati Maulid Nabi

Maulid Nabi yang selalu diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal, untuk tahun 1937 H, tanggal 12 Rabiul Awal jatuh pada 24 Desember 2015 Masehi, pada tanggal tersebut ditetapakn sebagai hari libur Nasional, namun dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut  yang disebut dengan bulan Maulod, yaitu bulan Rabiul Awal disebut dengan Maulod  Awai (Awal Maulid) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal. Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut. Selanjutnya, Kenduri Maulid pada bulan Jumadil Awal disebut Maulod Akhee (Maulid Akhir) yang dilaksanakan sepanjang bulan Jumadil Awal.

Dalam rangka menyambut datangnya hari Sabtu 6 Februari 2016 Masyarakat Gampong Cot Baroh menggelar meuseuraya (Gotong Royong*red) meuseuraya dipusatkan di tempat-tempat umum yaitu membersihkan pekarangan Meunasah, balai pengajian atau balai gampong yang akan digunakan untuk menjamu tamu undangan maulid, diperkirakan lebih kurang 1.000 undangan yang terdiri dari 10 Gampong. (red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan