Rapat Pentuan Tanggal Maulid Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – SIGLI (1/16) Pemerintah Gampong Cot Baroh menggelar rapat untuk memperingati Uroe Lahee Pang Ulee Alam Nabi Muhammad SAW, yang mana Maulid Nabi yang selalu diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal, untuk tahun 1937 H, tanggal 12 Rabiul Awal jatuh pada 24 Desember 2015 Masehi, pada tanggal tersebut ditetapakn sebagai hari libur Nasional.

Maulid Gampong Cot Baroh
Gambar Maulid di Gampong Cot Baroh Tahun 1426 H / 2015 M

Perayaan maulid Nabi dalam bahasa Aceh disebut Kanduri Maulod yang merupakan perayaan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau juga disebut memperingati Uroe Lahee Pang Ulee Alam ( memperingati hari kelahiran penghulu Alam) Kanduri Maulod sudah menjadi tradisi dalam masyarakat Aceh, Bahkan terbesar bila dibandingan dengan tradisi-tradisi lain yang ada di Aceh.

Dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut  yang disebut dengan bulan Maulod, yaitu bulan Rabiul Awal disebut dengan Maulod  Awai (Awal Maulid) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal. Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut. Selanjutnya, Kenduri Maulid pada bulan Jumadil Awal disebut Maulod Akhee (Maulid Akhir) yang dilaksanakan sepanjang bulan Jumadil Awal.

Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid di Gampong Cot Baroh
Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid di Gampong Cot Baroh

Untuk  di Gampong Cot Baroh, akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu Kanduri Maulod pada tanggal yang telah disepakati dalam rapat musyawarah gampong (1/16) di Meunasah Gampong Cot Baroh, disepakati Kanduri Maulod akan diperingati tanggal 6 February 2016 bertepatan dengan 26 Rabiul Akhir 1937 H.

Kebiasaan di gampong – gampong setiap memperingati hari besar Islam seperti hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, di selengarakan hiburan bernafaskan Islam yaitu  ceramah maulid atau dakwah yang disampaikan oleh Tgk Penceramah yang sudah ditentukan  oleh orang tua gampong, untuk tahun ini Gampong Cot Baroh, kembali tidak mengadakan dakwah pada saat  memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, kegiatan dakwah yang dikemas dalam hiburan bernafaskan Islam, InsyaAllah akan digelar pada memperingti Isra Mikraj mendatang.

Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid di Gampong Cot Baroh
Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid di Gampong Cot Baroh

“Untuk melengkapi kegiatan kanduri maulod yang digelar pada tanggal 6 Februari 2016 mendatang kita juga akan mengadakan lomba pidato atau muhadharah bagi anak-anak Gampong Cot Baroh”.

Kegiatan ini akan dijadikan salah satu program tambahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yaitu kelompok P240 yang bertugas di Gampong Cot Baroh. Kata M. Herizal selaku ketua Mahasiswa KKN kelompok P240 kepada gampongcotbaroh.desa.id, pada saat dilaksanakan rapat musyawarah penentuan hari maulid di Gampong Cot Baroh. (red)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan