Keuchik Gani Kembali Terpilih Untuk Pimpin Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – SIGLI, Seiring dengan disahkan Undang – Undang Desa No 6 Tahun 2014, pada pasal 39 dari bagian ketiga pemelihan kepala desa menjelaskan kepala desa atau keuchik gampong memegang jabatan selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan.

Keuchik Gani Pada Saat Memasukan Kertas Suara (Foto @safwatur_ rahman )

Sementara itu dalam Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik di Aceh menjelaskan pada bab II  Pasal 2 ayat 1 Keuchik mempunyai  masa jabatan 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dan ayat 2 Dalam hal masa jabatan Keuchik telah berakhir, maka yang bersangkutan dapat mencalonkan kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Menanggapi hal terebut di atas, Senin (28/12/15) Panitia Pemelihan Keuchik (P2K) Gampong Cot Baroh menyelenggarakan pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung) di Meunasah Gampong Cot Baroh untuk mengisi jabatan Keuchik Gampong yang selama ini kosong. Yang mana sebelumnya telah dilaksanakan berbagai tahapan pilchiksung seperti penerimaan berkas bakal calon keuchik dan lainya.

Abdul Gani Hasan, salah satu calon Keuchik  incumbent ikut ambil bagian dalam pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung)  akan memimpin Gampong Cot Baroh untuk periodel enam tahun ke depan. Pilchiksung yang berlangsung di Kompleks Meunasah Gampong Cot Baroh, membuat Abdul Gani Hasan mengungguli rivalnya dengan memperoleh dukungan 186 suara. Sedangkan Marzuki Yusuf (23 suara), dari total 227 DPT, 209 suara sah, 4 suara rusak, total 213, yang tidak hadir 14 orang karena sedang berada diluar gampong.

Pesta demokrasi pilchiksung di mulai pukul 08.00 pagi s/d selesai turut hadiri oleh Muspika Kecamatan Glumpang Tiga.

“Untuk sementara tampuk kekuasan Gampong Cot Baroh masih dipegang oleh Pj Keuchik Abdullah Yusuf sampai dengan pengangkatan keuchik terpilih, sesuai dengan musyawarah gampong beberapa waktu lalu” ungkap Jamaluddin AR yang juga ketua P2K Gampong Cot Baroh pada saat sesi penutupan pilchiksung. (Red)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan