Gampong Cot Baroh Bangun Gedung Serba Guna

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – Bergulirnya bantuan dana desa ( Red.Dana Gampong) saat ini dimanfaatkan Pemerintah Gampong Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga, untuk membangun berbagai fasilitas seperti pembangunan gedung serbaguna.

Tampak Pekerja Sedang Memasang Besi Pada Saat Pengecoran Tiang

Dalam pemanfaatannya bantuan dana desa diharapkan bisa lebih dioptimalkan untuk membangun berbagai fasilitas  yang bisa mendongkrak kesejahteraan warga gampong.

Seperti yang dilakukan pemerintah Gampong Cot Baroh, saat ini pihak gampong sedang membangun gedung serbaguna yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan warga, seperti kegiatan posyandu, dan untuk kantor keuchik, pemuda (sementara), serta menyimpan peralatan PKK yang selama ini peralatan PKK banyak disimpan di rumah Keuchik (Kepala Desa).

Pak Keuchik (Baju Kemeja) Sedang Berbincang – bencing dengan Pihak Kontaktor Lokal Gampong Pada Sesi Pengawasan

Kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan pihak kontraktor Lokal gampong dari usur pemuda dengan sistem tender, yang menangkan oleh Abdul Hamid Gantoe dengan harga 19.000.000 yang kini mencapai Rp 22.500.000 sudah ditambahkan dengan biaya lain seperti pembersihan tempat pembangunan dan penimbunan gedung, sedangkan pihak pemerintahan gampong hanya selaku penanggung jawab sekaligus sebagai pengawas pembangunan.

Keuchik Gampong Cot Baroh, melalui Bendahara Gampong, Kamarullah Usman, mengatakan, pembangunan fasilitas seperti pembangunan gedung serbaguna yang saat ini masih dikerjakan pihak kontraktor lokal gampong dari unsur pemuda yang dimana pembangunan ini didanai dari dana desa tahap pertama, yang sebelumnya sudah disepakati bersama, antara pemerintahan gampong dengan masyarakat setempat.

“Pembangunan gedung ukuran 6 x 9 meter, total anggaran yang diplot mencapai Rp 123. 644.000. Diharapkan gedung ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan warga, seperti kegiatan posyandu, dan untuk kantor keuchik, pemuda (sementara), serta menyimpan peralatan PKK yang selama ini peralatan PKK banyak disimpan di rumah Keuchik (Kepala Desa),” ucapnya.

“Pembangunan terus di pacu, tdak mengenal hujan, bangga membangun gampong”, tandas Abdul Hamid Gantoe

Kamarullah juga mengatakan, awal pemugaran gedung serba guna ini dilangsungkan sejak 10 November lalu, kini pembangunan sudah mencapai 45% dan dipredisikan bangunan ini akan selesai pada awal tahun 2016. Sementara untuk material yang dipakai menggunakan material yang berkualitas sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

Kamarullah menambahkan, saat ini pembangunan sedang dipacu untuk bisa menarik anggaran tahap dua 40% dan tahap tiga 20% , mengingat masa anggaran tinggal menghitung hari, karena kinerja Pemerintah yang  lambat dalam mencairkan dana gampong yang belarut-larut, jadilah seperti ini, nantik apabila  kita sudah ajukan anggaran yang tahap 2 dan tahap 3, nantik anggarannya yang sudah masuk ke rekning gampong, jadi tidak terjadi hambatan dalam pembangunan apabila sudah mati tahun anggaran, sedangakn untuk pajak kita belum hitung secara detail karena saat ini dalam tahapan pembangunan, material yang sudah dibeli berupa semen, besi, batu bata dan galian c, yang jelas pajak untuk galian c setiap pembelian di atas Rp 1.0000.0000 dikenakan pajak 19.5%,  bahan baku industri seperti semen, besi dan batu bata setiap pembelian di atas Rp 1.0000.0000 s/d Rp 2.0000.0000 dikenakan pajak 10% dan pembelian Rp 2.000.000  keatas dikenakan pajak 11.5%, untuk  desain RAB dikenakan pajak 2.5 %, TPK 2.5 % dan untuk upah kerja tidak dikenakan pajak karena upah kerja dibawah standar UMR ( Upah Minimum Regional).

Kairul Ummami, sedang mengaduk semen untuk pengecoran tiang depan gedung serba guna

“Pembangunan Gampong untuk dana desa tahun 2015 ada tiga paket yang kita usul yaitu pembangunan gedung serba guna 1 unit, pembangunan talud irigasi sepanjang ± 100 meter dan cat meunasah 1 unit. Semoga saja anggaran lainnya bisa kita tarik semua untuk pembuatan fasilitas umum supaya bisa selesaikan dengan baik dan cepat dan untuk pengadaan barang-barang operasional gampong seperti printer, komputer, kertas untuk administrasi gampong” ungkapya. (Saf/Tfk)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan