Sistem Informasi Gampong dan Kawasan sebagai Cara Baru Membangun Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Sistem Informasi Desa (Gampong) dan Kawasan adalah sebuah program yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk tata kelola informasi dan tata kelola sumberdaya desa/gampong  dan kawasan. Yang mana selama ini sistem informasi desa dalam kontek pemanfaatan TIK sebelumnya jarang digunakan dalam skala desa/gampong, sehingga diharapkan persoalan yang selama ini selalu muncul tiap kali ada program pemerintah bisa teratasi. 

Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Gampong Cot Baroh)

Masalah yang paling krusial adalah data penduduk dan data kemiskinan yang tidak akurat sehingga menyebabkan program pemerintah tidak tepat sasaran. Secara singkat beberapa manfaat Sideka sebagai “cara baru” dalam membangun desa antara lain:

  1. Keterbukaan informasi pemerintah desa melalui website desa bisa memunculkan kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat bersedia terlibat lebih banyak dalam proses perencanaan dan pembangunan desa. Kunci pembangunan desa adalah keterlibatan masyarakat
  2. Mengabarkan desa melalui media internet bisa memunculkan potensi yang selam ini tidak tergali, bahkan bisa memunculkan kepedulian warga desa yang tinggal di luar kota atau luar negeri atas persoalan desa yang ada.
  3. Data base penduduk yang akurat, baik terkait data pilah, survey kemiskinan skala desa, dan kejelasan peta desa, sumberdaya desa bisa sebagai bahan perencanaan pembangunan yang tepat. Dengan syarat Negara sebagai bagian supra desa menerima data desa tersebut.
  4. Sideka adalah “cara desa’ menjawab amanat undang-undang Desa no. 6 tahun 2014 dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  5. Sideka harus mampu mensinkronisasi program dan data ditingkat desa sampai pusat, disitulah kehadiran “Negara” berperan. Data dasar yang ada dipusat semestinya mengacu kepada data dan program yang ada di desa, dengan syarat data di desa sudah akurat.

Dalam penerapan program Sideka terdapat tujuh harapan dari program  sideka tersebut, antara lain :

  1. Gampong-gampong harus terdaftar dalam website yang menggunakan domain DESA.ID sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Repulik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015.
  2. Update data based gampong, profil gampong seperti : (data dasar kependudukan, informasi buruh migran, informasi kepala keluarga perempuan, informasi ibu hamil (normal dan risiko tinggi), infomasi bayi dan balita (gizi kurang dan buruk), informasi angka putus sekolah (tingkatan dan sebab), data kemiskinan lokal, informasi penerima raskin, informasi penerima BSM, informasi penerima BLSM, informasi penerima JKN, informasi penerima PKH, program perlindungan sosial daerah, data mitigasi bencana, informasi dinding rumah, informasi atap rumah, dan informasi lantai rumah.
  3. Update data pembangunan gampong (RPJMG dan RKPG).
  4. Update data berkaitan dengan pemerintah gampong seperti: penataan gampong, penyelenggaraan administrasi pemerintahan gampong,pengelolaan keuangan dan asset gampong, produk hukum gampong (qanun gampong), perangkat gampong, pelaksanaan penugasan urusan pemerintahan, kelembagaan gampong, kerjasama pemerintahan, serta evaluasi perkembangan gampong;
  5. Update pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pengelolaan pelayanan sosial dasar, pengembangan usaha ekonomi gampong, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepa guna, dan pembangunan sarana prasarana gampong, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat gampong;
  6. Update gampong dalam keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pembangunan gampong (dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, monitoring, dan pelestarian);
  7. Update kabar berita gampong dengan tulisan (gampong dalam kabar berita) yang mendorong adanya rakyat gampong bangga menyuarakan tentang gampong.

Untuk saat ini di Kabupaten Pidie, yang telah menginstal sideka serta siap mengiput data sekitar 95 % adalah Gampong Cot Baroh Kec. Glumpang Tiga. Data dari sideka ini bisa di tampilan ke website adalah data statistik untuk contoh yang sudah di input bisa di kunjungi di website ini, pilih di menu statistik.

Salah Satu Tampilan Data Grafik Dalam Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Gampong Cot Baroh) yang mana data ini bisa di tampilan ke website desa Online dengan rekayasa dari Google Forms

Buat seluruh stakeholder, Aparat Pemkab dan gampong – gampong se Kabupaten Pidie, kami Komunitas TIK Gampong Cot Baroh yang telah berpengalaman, hingga menghantarkan Gampong Cot Baroh – Kabupaten Pidie sebagai salah 1 Desa dari 10 Desa Se-Nusantara Peraih Award Destika – Majalengka 2014 dari Menteri Kominfo dan PANDI. 

Kami siap membantu utuk pengembangan sistem informasi desa/gampong yaitu dengan membangun website gampong dengan Domain Desa.ID secara Online plus instal Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) local host.

Serius dan peduli akan kemajuan IT untuk Pelayanan di gampongnya, kami membuka kesempatan, silahkan kontak kami di 0852 7779 9175 Saudara Safwaturrahman dan di 0852 1839 9767 SaudaraMuhamamad Dahlan  (Non-Commercial, Non-Neko Neko), untuk Booking Onsite hanya Sabtu-Minggu.Thanks. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan