Musim Tanam Tiba Lagi

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, Cot Baroh (21/11/15) Selama sebulan ini masyarakat Gampong Cot Baroh dan sekitarnya yang berprofesi sebagai petani penggarap sawah disibukan dengan aktifitas persawahan dikarena tanah garapan mereka akan segera ditanami bibit padi (red : padé bijééh) mulai hari ini (11/26/15) sampai selesai, ini ditandai dengan telah laksanakan Khauri Blang Séumula (Kenduri Sawah Menanam Padi) di Meunasah, hari selasa sore  (23/11) yang dihadiri oleh Keuchik Gampong, Tgk Imuem Meunasah, Kéujrùn Blang, Perangkat Gampong lainya serta segenap lapisan masyarakat dari orang tua sampai anak-anak.

Dari amatan redaksi, rata-rata sawah telah semuanya disemai benih padi dengan berbagai merek seperti chiherang, cibogo, intani hibrida dan mampan Rp. 130.000. Seiring dengan perkembangan jaman pertanian moderen sudah mulai diadopsi oleh petani desa yang dulunya memakai benih padi yang dibuat oleh para petani sendiri kini hilang total kecuali untuk padi ketan dan ladang/gunung, karena benih-benih perusahaan, ahli pertanian maupun kelompok tani yang berkompeten sudah tersedia di toko-toko pertanian terdekat.

Untuk mendapatkan benih padi unggulan seperti merek-merek tersebut di diatas para petani harus mengeluarkan kocek ± 75.000 untuk cibogo dan chiherang sedangkan untuk  intani hibrida 120.000 per Kg dan mapan 05 Rp 130.000.(Redaksi)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan