Tamiang Wujudkan Desa Internet

Gambar Statistik Penduduk Gampong Cot Baroh Bedasrkan Perkawinan Penduduk

WWW.GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, Surabaya – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Kementerian  Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Rabu (7/10/15) kemarin, meneken kerja sama terkait pengadaan akses  internet di kawasan perdesaan Aceh Tamiang. “Kerja sama ini adalah bagian dari upaya menciptakan desa berbasis internet. Yang pada gilirannya akan menumbuh kebangkan sektor ekonomi rakyat di perdesaan” tutur Bupati Aceh Tamiang, H. Hamda Sati, ST di Empere Place, Surbaya, kemaren.  Kerjasama bidang teknologi informasi itu diteken oleh Dirgen Penyelenggaran Pos dan Informatika RI, Kamullah Ramli dari pihak Kemenkominfo, serta Bupati Aceh Tamiang, H. Hamda Sati, ST yang turut didampingi Sekdakan Aceh Tamiang, Ir Razuardi Ibrahim. MT, Kerja sama itu juga untuk menghujudkan masyarakat informasi Indonesia, melalui program Universal  Service Obligation (USO).

Pelaksanaan program Nasional ini disesuaikan dengan kebetuhan daerah dan masyarakat setempat, Pemkab Aceh Tamiang dalam hal ini mengusulkan kebetuhan ketersediaan akses internet dan pembangunan BTS hingga mencakup kawasan-kawasan pedalaman di Kabupaten Aceh Tamiang.

” Kita ingin semua masyarakat dari selaga lapisan di Aceh Tamiang bisa mendapatkan fasilitas jaringan internet. Hingga mereka memiliki akses informasi seluas-luasnya”. Ujar Sekda Tamiang,  Ir Razuardi Ibrahim. MT secara terpisah. Dirgen Penyelenggaran Pos dan Informatika RI, Kamullah Ramli, mengatakan, tujuan pembangunan pos dan informatika yakni kolektifitas infrastruktur dasar, koneksi internet yang termanfaatkan secara positif, pemberdayaan kawasan terpencil dan peningkatan kualitas pelayanan umum.

Program prioritas Kemenkominfo saat ini adalah menghujudukan ketersediaan dan meningkatkan kualitas layanan komunikasi, tersedianya akses internet serta terciptanya budaya pelayanan bersih, efektif dan efesian.(Serambi Indonesia)

Sementara di Kabupaten Pidie Gampong Cot Baroh sudah mulai dari tahun 2013 memanfaatkan TIK untuk mempromosikan dan menyebarluaskan potensi yang ada di Gampong dan pendataan database Kependudukan yang terintegrasi dalam satu aplikasi SIGamKa atau SIDeKa (Sistem Informasi Desa dan Kawasan).

Pengiat TIK Gampong Cot Baroh sangat mengharapkan adanya Follow Up lanjutan dari Pemerintah Kabupaten Pidie khusunya BPM, Santel dan PDE dan dari Dishubkominfo Kabupaten Pidie untuk terciptanya Gampong berbasis internet di Kabupaten Pidie. Hingga saat ini sudah ada 39 Gampong di Kabpaten Pidie memiliki website gampong, paling banyak terdapat di Kecamatan Glumpang Tiga. Dari 39 itu yang sudah ada website semuanya virus bawaan dari Gampong Cot Baroh Kec. Glumpang Tiga Kab Pidie.

Akan tetapi dari sekian banyak website tersebut hanya beberapa gampong yang aktif salah satunya adalah Gampong Cot Baroh dan Pasar Kota Bakti Kec Sakti, di Karenakan kuragnya kepedulian Keuchik/Perangkat Gampong setempat terhadap aktifnya website disamping kurangnya SDM (Saf/Dhl).

Facebook Comments

1 Comment

  1. Pekerjaan besar terletak pada kerja literasi informasi, bukan pengadaan alat. Literasi informasi membuat warga berdaya, konsumtivisme teknologi akan membuat warga menjadi mangsa pasar pabrikan teknologi. Percaya diri bro…

Tinggalkan Balasan