Pelamar Pedamping Gampong di Pidie Tembus 2.660

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – Salah satu  upaya pemerintah untuk memajukan Desa-desa di seluruh Indonesia adalah dengan di sahkannya Undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa, dan tindak lanjut dari itu pemerintah menggelontarkan begitu banyak uang dari APBN dengan harapan  Desa/Gampong bisa mandiri dalam berbagai hal.

Agar dana yang di salurkan tepat sasaran  dalam penggunaannya pemerintah juga menyertakan pendamping yang akan membantu Desa/Gampong dalam mengelola anggaran tersebut. Sejak tanggal 4 Agustus 2015  BPM Provinsi dan BPM kabupaten/kota di Aceh membuka pendaftaran untuk pendampingan Desa/Gampong. Dengan persyaratan yang tidak begitu sulit.

Sejak hari pertama di buka masyarakat begitu antusias untk bisa menjadi pendamping Desa/Gampong. Pelamar calon pendamping Gampong di Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Pidie sejak Selasa (4/8/2015) sampai Senin (10/8/2015) petang mencapai 2.660 orang, jumlah ini menunjukkan cukup besar animo warga Pidie mencari pekerjaan.  Sementara, jumlah bakal diterima untuk 23 kecamatan di Pidie sebanyak 243 orang. Sehingga diperkirakan sebanyak 2.417 orang akan gugur alias tidak lulus.

Menurut amatan  redaksi gampongcotbaroh.desa.id  paling membludak pelamar pada dua hari terakhir mau ditutup pendaftaran. Sementara kapan  waktu tes hingga berita ini diberitakan  belum ada kepastian, durasi  kontrak untuk pendamping yang dinyatakan lulus pertahun dan bisa jadi di perpanjang di tahun berikutnya, dan untuk menepis issu yang berkembang di masyarakat  selama ini bahwa  tidak ada skala prioritas bagi mereka mantan PNPM untuk kelulusan sebagai pendamping Desa/Gampong. ujar Mustafa selaku pendamping teknis P3MD Kabupaten Pidie. (saf)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan