Panen Padi Musim Tanam Gadu 2015

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID | Cot Baroh (09/08/2015) Sejumlah petani penggarap sawah di Gampong Cot Baroh dan sekitarnya memanen padi tanam gadu 2015 selama sepekan terakhir.

Dari pantauan redaksi panen padi kali ini begitu cepat, dalam seminggu saja sejak padi dipanen tanda-tanda berakhirnya masa penen sudah mulai tampak, karena para petani tidak lagi menggunakan cara tradisonal untuk memanen padi melainkan sudah menggunakan cara moderen,namun ada beberapa petani yang masih menggunakan cara lama yaitu cara tradisional karena beberapa sebab diantranya.

sawak meraka masih terlalu becek tidak bisa dilewati alat berat mesin pemotong, yang kedua supaya orang-orang miskin bisa kerja, yang ketiga faktor keraguan yaitu ada yang mengatakan jika padi yang dipotong dengan mobil pemotong padi banyak padi yang tumpah.

Sementara harga gabah pada saat ini dibeberapa pembeli harga berkisar antara Rp 4500 s/d Rp 4700, biasanya gabah yang proses pemotongan dengan mobil karena gabah belum kering, pembeli mengambil langsung disawah harganya Rp 4500 harga jemput di sawah, pembeli padi menggunaan sistem jemput bola dengan langsung membawa timbangna ke sawah, inilah cara untuk proses percepatan ekonomi di gampong.

Sementara gabah yang kering biasanya dijemur dua hari setelah pemotongan dengan harga jual agak lebih tinggi Rp 4700, ini kebanyakan gabah yang dalam proses pemotongan memakai cara teradisional. (Redaksi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan