Lima Harapan Bupati Pidie pada Saat Pembukaan Bimtek siMAYA

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – (25/08/2015) Lima harapan Bupati Pidie pada saat pembukaan Bimtek siMAYA yang di bacakan oleh Bapak Sekdakab H.T. ANWAR, ZA. MSi karena Bupati Pidie Tgk. Sarjani Abdullah berhalangan hadir.

Begitu banyak harapan Bupati kepada aparatur Pemerintah di Kabuapten Pidie ini untuk terus berkerja secara tekun dan maksimal, agar daerah  kita dapat terus  berkembang maju  dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, antara laian sebagai berikut;

Pertama; Sebagaimana laporan dari Kabag santel dan PDE Setdakab Pidie Bahwa, telah memiliki Master Plan untuk pengembangan Elektronik Pemerintah (E GOV) di Kabupaten Pidie. Merupakan langkah awal untuk arah peningkatan kuwalitas pelayanan publik.

Kedua; Sistem surat menyurat, pengiriman  dan penyimpanan surat menyurat, kita telah memiliki  Email Resmi Pemerintah dengan  nama go.id, setiap SKPK walau baru di mulai dengan pembuatan dan penggunaan Email Resmi Pemerintah adalah luar biasa. Bupati mengharapkan Email Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie tersebut di pelajari dengan baik dan segara digunakan, untuk proses  pengiriman dokumen surat menyurat, agar surat dapat diterima dan di simpan secara baik secara online, tidak tercecer dan sampai secara cepat dan tepat. Alhamdulillah apabila setiap SKPK telah memiliki Admin pengelola webmail.

Ketiga; Untuk 23 Kecamaatn yang telah dibuatkan website oleh Bagian Santel dan PDE, Bupati menginstruksikan untuk terus menyiapkan profil dan data-data penting potensi potensi unggulan dan di tampilkan pada website Kecamatan tersebut untuk informasi publik. Pemerintah dan Masyarakat sangat membutuhkan informasi publik, pembangunan dan perubahan apa saja yang telah dilakukan oleh kita secara baik di Kecamatan juga harus disampaikan, agar masyarakat dapat mengetahui  secara detail perkembangan pembangunan yang telah dibangun dan sedang dibangun.

Keempat; Bupati mengharapakan di setiap SKPK ada petugas khusus yang selalu mengupdate data informasi yang perlu disampaikan kepada publik secara rutin. Sangat diharapkan  kepada aparatur yang dengan gigihnya melakukan pendataan sesuai dengan data SKPK masing-masing, upayakan data update  bisa dilakukan setiap bulanya. Tidak ada istilah di kantor tidak ada kerja, kerjaan pendataan  sangat membutuhkan kita setiap hari, minggu dan bulannya, keberhasilan setiap daerah sangat tergantung juga dengan data yang terupdate dan akurat, bayangkan kalau setiap kecamatan telah memiliki data profil yang terupdate dan akurat  maka akan sangat mendukung proses penetapan pembagunan di segala bidang.

Kelima; lakukanlah hal yang terbaik bagi daerah terutama dalam penyiapan SDM apratur dibidang teknologi informasi, karena di Zaman Globalisasi ini, kesuksesan sebuah daerah sangat ditentukan dari kesiapan SDM aparatur Pemerintahnya dalam menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bupati mengharapkan Bimtek hari ini bukan akhir dari pada Bimtek yang lain, kedepan apabila perlu secara rutin dapat dilakukan pertemuan – pertemuan bagi admin bidang TIK ini,  agar perkembangan percepatan kahadiran sebuah kendala kendala TIK dapat teratasi secara seksama.

Akhirnya harapan pengembail kebijakan, dalam hal dukungan bagi setiap langkah untuk pelayana  publik  dan percepatan pembangunan harus terus kita lakukan; terutama penyiapan SDM, penyiapan sarana dan prasana TIK serta di dukung oleh aplikasi – aplikasi yang tepat lainnya seperti ; perlu juga di cetus aplikasi  yang mempermudah percepatan pembangunan yang merata dan berkeadilan serta tepat sasaran,  untuk menghindari kendala – kendala yang kita hadapi dilapangan, maka kami sangat mendukung  program bagian Santel PDE dan Kementerian  KOMINFO RI untuk mengembangkan setiap aplikasi tersebut.

Fasilitas internet adalah adalah hal yang penting untuk saat ini, tidak bisa tidak adalah sebuah kebetuhan, yang harus, tidak bisa lelet atau lambat loading,  Bupati mengharapkan nantiknya Elektronik Pemerintah E-GOVERMEN didukung oleh jaringan internet yang bagus dan cepat, apalagi sekarang teknologi server dan jaringan kabel sudah menggunakan Fiber optic (FO). Apbila internet sudah tersedia hingga pelosok Gampong di setiap kecamatan, maka nantiknya dana Gampong bias dikelola secara online.  Seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak Gampong di Kecamatan Glumpang Tiga telah telah memiliki website Gampong menggunakan domain DESA.ID berkat ketekuhan dan keuletan dua pemuda dari Kecamaatn tersebut yang ingin daerahnya maju dan terkenal, ini harus menjadi contoh untuk aparatur di Kecamatan.

Bupati juga menyampaikan harapan dan terima kasih Kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, apabila dapat menyampaikan dan mendukung kebetuhan dana setiap serta jaringan kabel dan wifi serta program-program TIK dan aplikasi yang tepat lainnya untuk setiap Daerah di Kabupaten Pidie , hingga terbebas dari keterisolasian, dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  [Saf]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan