Bagian Santel dan PDE Setdakab Pidie Adakan Bimtek & Sosialisasi siMAYA

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – (25/08/2015) Dalam rangka meningkatkan efesiansi dan efektifitas proses serta ataupun prosedur  dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan  dan dikembangkan  sebuah sistem pemerintahan elektronik (E-government) yang tepat dan menyeluruh. Salah satu upaya tersebut Bagian Sandi, Telekomunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik (BST – PDE) Setdakab Pidie, yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Direktorat E- Government Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan bimbingan teknis dan sosialisasi pengembangan sistem administrasi pekantoran secara elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan siMAYA dengan paramateri Bapak Bambang Dwi Anggoro (Kasubbit Aplikasi Layanan Kepemerintahan) serta beberapa anggota team dari Jakarta.

SiMAYA itu sendiri merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah. Aplikasi ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi terbaru yaitu cloud computing dengan bahasa pemerograman nodejs dan menggunakan database mongo. Pada kondisi dan pertimbangan tertentu, aplikasi siMAYA dapat diinstall secara lokal di instansi pemerintah. (dikutip dari simaya.layanan.go.id)

“Perkembangan Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK) begitu cepatnya, sehingga, hubungan antar manusia  di belahan dunia  manapun, bagai tanpa di batasi oleh jarak  dan waktu, kita setiap detik dan menit bisa berhubungan langsung dengan siapa saja di wilayah negara lain di dunia, nah  untuk pelayanan administrasi Pemerintahan Kabupaten Pidie ini, Bupati Pidie mengharapkan kepada  semua aparatur pemerintahan  baik di tingkat Kabupaten , Kecamatan sampai Mukim serta Gampong diupayakan bisa lancar memanfaatkan teknologi ini, sehingga mempelancar dan mempercepat proses pelayanan administrasi pemerintahan untuk memberikan palayanan kepada Masyarakat di wilayah atau daerah kerja masing-masing, secara maksimal”. Ujar Bupati Pidie dalam sambutan tertulis pembukaan Bimtek & Sosialiasasi siMAYA  yang di bacakan oleh Bapak Sekda H.T. ANWAR, ZA. MSi.

Sementara itu Bapak Drs.MAIMUN IBRAHIM M.Si selaku Kabag Bagian Sandi, Telekomunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik (BST – PDE) Setdakab Pidie sekaligus panitia acara bimbingan teknis dan sosialisasi siMAYA mengatakan “akan disiapkan SDM, dan apabila SDMnya sudah ada InsyaAllah program ini akan berjalan dengan baik yang akan berdampak dalam penghematan anggaran ATK di setiap SKPK, ke depan pihak Santel dan PDE akan mengutuskan beberapa orang ke Jakarta untuk lebih mengenal tata cara pengoperasian siMAYA dan selanjutnya mereka-mereka yang telah dikirim ke Jakarta akan memberi pelatihan kepada seluruh SKPK di Kabupaten Pidie” (saf)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan