Waspadai Penipuan Berkedok Bantuan Dana Desa Tertinggal

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID | Cot Baroh (05/07/2015) Berkat lahirnya Undang Undang No 06 tentang Desa, setiap Desa  mendapatkan bantuan yang nominalnya tidak sedikit melalui dana desa.

Namun di saat Desa – Desa sedang giat giatnya menyusun program untuk kegiatan dan pembangunan Desa ada oknum yang mencoba mencari kesempatan, seperti baru- baru ini ( 28/6/2015) Gampong Cot Baroh mendapat sepucuk surat tanpa alamat pengirim, Namun setelah di buka amplop kop surat tersebut menggunakan kop Kemendagri dengan no surat: 0009/SP/DIRJEN PMD/2015 Perihal Peritahuan  Prosedur Penerimaan Dana Bantuan Tentang Program Pelaksanaan Pembangunan Desa Tertinggal, yang isinya memberitahukan  bahwa Gampong Cot Baroh mendapatkan Bantuan sebesar Rp. 125.000.000 ,- (Seratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

Amplop surat yang di kirm ke Gampong Cot Baroh

Adapun maksud dan tujuan Anggaran Dana yang akan di alokasikan yaitu: untuk Biaya pengerasa Jalan, perbaikan irigasi dan Rehabilitasi Bangunan /Gedung yang rusak. Dan untuk proses pencairan dana tersebut Desa diminta untuk menghubungi  kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) provinsi Aceh  yaitu Bapak  Drs. Zulkifli Hasan. MM dengan no contak 0812 8188 8277.  Namun sebelum kami menghubungi ke no yang di maksud,kami terlebih dahulu mengecek tentang kebenaran  no hp kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Aceh.

Surat yang di kirm ke Gampong Cot Baroh

Betapa terkejutnya ternyata no kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi bukan sebagaimana yang di cantumkan di surat tersebut. Bahkan kami sempat komunikasi dengan kawan-kawan Penggiat Desa Membangun di  pulau Jawa, mereka juga mengatakan itu penipuan jadi abaikan saja surat tersebut dan beritahukan kepada kepala Desa sekitarnya jangan ada sampai tertipu.

Dari sini kami mulai curiga  bahwa ada yang tidak beres dengan  surat tersebut, di lanjutkan dengan membuka website Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Aceh ternyata disitu juga telah terpajang dan di beri tanda silang pada  surat yang sama dengan yang di terima Gampong Cot Baroh.

Setelah  mengetahui bahwa itu modus oknum tertentu untuk memeras para kepala Desa maka kami mencoba menelusuri melalui no kontak yang tertera di surat. Benar saja mereka meminta agar surat tersebut jangan sampai ketahuan sama kepala Desa yang lain, karena tidak semua kepala Desa mendapatkan dana bantuan langsung dari kemendagri di khawatirkan akan timbul kecemburuan sosial dan untuk proses pencairan dana tersebut mereka memintak nomor rekening Desa.

Berikut hasil inventasigasi redaksi dengan mencoba menelpon oknum tersebut dan berpura-pura sebagai kepala Desa, di pembicaraan via telpon oknum tersebut mengaku sebagai bapak  Zulkifli Hasan selaku Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, padahal nama provinsi  Aceh bukan lagi Nanggroe Aceh Darussalam tapi Aceh dan bicara ngawur bila bantuan sudah cair dia akan ke Banda Aceh dan di akhir pembicaraan dia mengaku berada di Banda Aceh sungguh sangat jelas Penipuan Berkedok Bantuan Dana Desa Tertinggal, semua pembicaraan via telopon redaksi merekamnya guna pembelajaran bagi gampong atau desa lain.

Di kecamatan Glumpang Tiga sendiri ada sekitar beberapa Gampong yang mendapatkan surat tersebut. Jika di kemudian hari kembali mendapatkan surat yang tidak jelas pengirimnya tolong abaikan saja tandas Camat Kecamatan Glumpang Tiga – Pidie T. Daod. SE. (Redaksi)

Facebook Comments

2 Respon

  1. Kikis Kirwono berkata:

    Sepertinya dia butuh THR… hehe….

Tinggalkan Balasan