Pemutakhiran Basis Data Terpadu

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID | Cot Baroh (04/06/15) Kehadiran team dari BPS kabupaten Pidie  yang beranggotakan dua orang turun ke Gampong Cot Baroh untuk melakukan  Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015.

Pemutakhiran basis data terpadu dalam rangka menyempurnakan dan memutakhirkan informasi rumah tangga dan individu yang terdapat dalam Basis Data Tepadu (BDT).

BDT itu sendiri merupakan sistem data electronik yang memuat informasi sosial dan ekonomi rumah tangga berikut individu dengan tingkat kesejahtraan terendah yang digunakan dalam penetapan sasaran program perlindngan sosial  dan penanggulangan kemiskinan.

Hingga saat ini BDT telah digunakan sebagai dasar penetapan sasaran program perlindungan sosial  dan penanggulanagan kemiskinan dalam skala nasional maupun daerah, di antaranya: Program Simpan Keluarga Sejahtra (PSKS), Program Bantuan siswa Miskin (BSM), Program Indonesia Sehat (PIS), Program Subsidi Beras Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin), Program Keluarga Harapan (PKH) serta beberapa program lainnya.

Dengan tujuan mempertajam ketepatan sasaran melalui pemutakhiran informasi rumah tangga dan individu agerdapat  meminimalisirkan kekurangan akurat penetapan sasaran  serta berupaya menjangkau rumah tangga miskin yang belum tercakup peningkatkan dalam BDT.

Kegiatan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) dilakukan  di Meunasah Gampong Cot Baroh, di hadiri oleh Gampong Cot Baroh dan Gampong Cot Tunong serta seluruh perangkat Gampong dan tokoh masyarakat, pemuda dari kedua gampong yang terbagi dalam dua kelompok pemutakhiran basis data terpadu yaitu Gampong Cot Baroh dan Gampong Cot Tunong.

Kegiatan pemutaakiran data dilakukan dengan transparan, dalam pemutakiran data teradapat beberapa kasus di antaranya ada data yang orangnya sudah meninggal, tinggal di luar kabupaten, provinsi bahkan ada yang tinggal diluar negeri dan yang baru berkeluarga belum tercatat sebagai rumah tangga baru, maka dengan adanya pemutakhiran basis data terpadu data-data yang tadinya bermasalah kini teratasi.

Untuk tahapan selanjutnya akan diturunkan team pencacah lokal  yang akan mendatangi  rumah-rumah penduduk “door to door” untuk memastikan apa data sudah valid atau belum.

Dalam hal ini gampongcotbaroh.desa.id siap mengawal “door to door” pemutakhiran basis data terpadu supaya gampong memeliki data pertinggal, biasanya setelah ada sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus-sensus lainnya, gampong tidak memeliki data pertinggal padahal gampong itu sumber data. (Redaksi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan