Fadhilah Shalat Tarawih tiap malam

Tidak  terasa waktu berjalan sangat cepat dan tibanya bulan suci Ramadhan. Bulan yang Allah lipat gandakan setiap amal kebajikan, dosa-dosa dihapus dan derajatnya manusia ditinggikan. Maka diwajibkan terhadap hamba-hamba-Nya untuk berpuasa (shaum).

Allah berfirman yang artinya; “Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183).

Shaum (puasa) secara bahasa bermakna imsak (menahan). Secara syar’i yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai terbitnya fajar shubuh hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat.

Maka tidaklah mengherankan jika hati kaum mu’minin secara serius menghadap kepada Allah Yang Maha Penyayang pada bulan Ramadhan, dengan penuh harapan akan pahala dan kemenangan pada bulan yang mulia ini.

Ramadahan Mubaarak, Ramadhan yang penuh keberkahan. Bulan dimana didalamnya terdapat “Lailatul Qadar” yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Apabila bulan Ramadhan tiba pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelengu.

Barang siapa yang melakukan satu amalan sunnah dibulan ini, maka baginya bagaikan melaksanakan kewajiban. Barang siapa yang melakukan satu kewajiban, maka baginya 70 kali lipat ganjaran kewajiban di bulan lain.

Di bulan ramadhan, disunnahkan kita untuk shalat tarawih berjamaah di masjid atau meunasah terdekat. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita akan dapat makna manfaat, keutamaan dan fadhilah dari ibadah yang kita jalani.

Tak hanya puasa, umat muslim di dunia menyambut bulan puasa dengan suka cita setelah mereka berbuka puasa, maka akan lanjut untuk segera shalat isya’ berjamaah dan dilanjutkan dengan shalat tarawih.

Banyak orang yang tidak tahu apa fadhilah keutamaan sholat terawih? dan apa manfaat pahalanya bagi kita? berikut ini ringkasan keutamaan shalat tarawih tiap malam yang akan dilanjutkan dengan tadarus al qur’an.

Berikut ini penjelasan lengkapnya yang sudah dikutip dari website muslim di internet

  1. Malam pertama   : Orang mukmin keluar dari dosanya , seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
  2. Malam kedua       : Ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
  3. Malam ketiga       : Seorang malaikat berseru di bawah Arsy: ‘Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.
  4. Malam keempat   :  Dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan.
  5. Malam kelima      : Allah Ta’ala memberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjid al-Haram, masjid Madinah, dan Masjid al-Aqsha.
  6. Malam keenam  : Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang ber-thawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
  7. Malam ketujuh : Seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa ‘alaihissalam dan kemenangannya atas Firaun dan Haman.
  8. Malam kedelapan            : Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.
  9. Malam kesembilan          : Seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  10. Malam kesepuluh            : Allah Taala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Malam kesebelas             : Ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
  12. Malam kedua belas         : Ia datang pada hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan di malam purnama.
  13. Malam ketiga belas         : Ia datang di hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Malam keempat belas     :  Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Malam kelima belas        : Ia didoakan oleh para malaikat dan para pemikul Arsy dan Kursi.
  16. Malam keenam belas      : Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
  17. Malam ketujuh belas       : Ia diberi pahala seperti pahala para Nabi.
  18. Malam kedelapan belas  : Seorang malaikat berseru, ‘Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.’
  19. Malam kesembilan belas                        : Allah mengangkat derajatnya dalam surga Firdaus.
  20. Malam kedua puluh        : Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
  21. Malam kedua puluh satu                        : Allah membangun untuknya gedung dari cahaya.
  22. Malam kedua puluh dua             : Ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
  23. Malam kedua puluh tiga             : Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
  24. Malam kedua puluh empat        : Ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
  25. Malam kedua puluh lima            :Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
  26. Malam kedua puluh enam          : Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
  27. Malam kedua puluh tujuh          : Ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar
  28. Malam kedua puluh delapan     :Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
  29. Malam kedua puluh Sembilan   : Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
  30. Malam ketiga puluh        : Allah ber firman : ‘Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.’

Nah dengan menjalankan shalat terawih semoga kita mendapatkan manfaat keutamaan dan faedah atau fadhilah shalat tarawih berjamaah.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan