Banjir Menerjang Gampong Cot Baroh dan Sekitarnya

www.gampongcotbaroh.desa.id | Cot Baroh (20/04/2015) Puluhan rumah warga di Gampong Cot Baroh, Gampong Cot Tunong dan Gampong Krueng Jangko Kemukiman Aron Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, terendam banjir akibat luapan air anak sungai Paya Raoh (saluran irigasi tradisional Paya Raoh) yang terjadi sejak minggu (19/04/2015) petang. Air mencapai 10 cm hingga 60 cm di tempat tertentu, Dengan demikian, warga terpaksa mengungsikan barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Dari pantuan redaksi cotbaroh.desa.id semakin larut malam debit air semakin tinggi yang mengakibatkan bebera dusun di tiga gampong terendam banjir, di Gampong Cot Baroh Dusun Meuria paling parah terendam banjir

Genangan air di dalam Rumah Warga Dusun Meuria Gampong Cot Baroh

Banjir  juga mengakibatkan sepanjang 50 meter saluran irigasi ambruk, begitu  juga saluran irigasi yang sehari-hari difungsikan untuk mengaliri air ke sawah masyarakat di kawasan Blang Iboh Dusun Anggrek juga mengalami hal yang sama sepanjang 50 tanggul ambruk.

Tanggul irigasi Dusun Meuria Blang Timu

Tanggul Irigasi Dusun Aggrek Blang Iboh

Menurut informasi yang terima redaksi dari Marzuki Ismail Sekretaris Gampong Cot Tunong Dusun atau Sagoe Meunasah Teungoh, Blang Cut, Blang Iboh dan Meunasah Paya paling parah di landa banjir karena Gampong Cot Tunong adalah Gampong pertama yang di lalui saluran irigasi Paya Raoh.

Luapan Banjir di Gampong Cot Tunong

Sementara itu informasi yang terima redaksi dari Matnu salah seorang warga Gampong Krueng Jangko, di Gampong Krueng Jangko Dusun Pulo Empeuk paling parah dilanda banjir, air kiriman dari persawahan Blang Iboh.

Luapan Banjir di Gampong Krueng Jangko

dari pantau redaksi dilokasi banjir warga membuat tanggul penahan banjir supaya air tidak cepat naik ke dalam rumah dan ada warga yang sedang mebersihkan rumah paska banjir mulai surut.

Warga Gampong Krueng Jangko sedang menunggu air surut

Persawahan di sekitra Gampong Cot Baroh, Gampong Cot Tunong dan Gampong Krueng Jangko tampak seperti tambak ikan akibat genangan banjir (19/04/2015) malam, mengakibatkan benih-benih padi musim tanam gadu tahun 2015 yang baru disemai dibawa banjir, kerugian ditaksir puluhan juta rupiah miliputi benih padi, irigasi 100 meter jebol didua lokasi berbeda.

Sawah tampak seperti tambak ikan di genangi banjir pada Jum’at 17 April 2015

”Banjir minggu (19/04/2015) petang adalah banjir terparah yang dirasakan warga di tiga Gampong tersebut dalam kurun waktu tahun 2015 dan sebelumnya juga sudah pernah terjadi banjir, namun tidak separah kemaren petang” kata M. Yusuf Gade Kaur Kesra Pemerintah Gampong Cot Baroh.

Saluran Irigasi Paya Raoh

Warga di Tiga Gampong tersebut sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Piide untuk segera membangun tanggul penahan banjir dari luapan lueng Paya Raoh pada saat banjir (Redaksi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan