Angin Puting Beliung Melanda Pidie

www.gampongcotbaroh.desa.id | Pidie (23/04/2015) – Sejumlah rumah rusak dan pepohonanan tumbang akibat dilanda angin puting beliung diserta hujan lebat di seluruh Kabupaten Pidie, Kamis (23/4). Saat ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie tengah melakukan pendataan kerusakan yang terjadi setelah salat zuhur.

Rumah tertimpa pohon [Sumber : (Sumber : Facebook Resmi Gmapong Keutapang Pidie Aceh )

Kelapa BPBD Pidie, Apriadi saat dihubungi via telepon genggamnya mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan rumah yang mengalami kerusakan. Sejauh ini, BPBD Pidie belum mendapatkan angka pasti kerusakan akibat angin puting beliung ini.

Rumah Warga Tertimpa Pohon (Sumber : Facebook Resmi Gmapong Keutapang Pidie Aceh )

“Seluruh kecamatan di Pidie angin kencang, kebanyakan terjadi kerusakan adalah atap rumah terangkat, namun kita belum ada jumlah pasti,” kata Apriadi.

Lanjutnya, kejadiannya terjadi sekitar pukul 13.15 WIB mengakibatkan pohon, tiang listrik tumbang, sedangkan rumah warga ikut terancam roboh. Bahkan ada pohon yang tumbang ke atas rumah warga.

18696_1611477045763816_6748961991950497885_n

Tampak rumah warga rusak berat tertimpa pohon kelapa (Sumber : Facebook Resmi Gampong Keutapang)

Sekarang pihak BPBD Pidie telah meminta kepada camat di setiap kecamatan untuk melakukan penanganan. Pihak camat diminta untuk segera melakukan pendataan kerusakan yang terjadi.

“Kita telah minta camat masing-masing untuk menengani dan melakukan pendataan kalau ada yang terjadi kerusakan,” tukasnya.

Rumah warga rusak berat, atap dibawa puting beliung (Sumber Facebook Gampong Keutapang Pidie Aceh)

Baru kemudian, jelasnya, bila data sudah diperoleh dari camat setempat, pihaknya akan melaporkan ke bupati seluruh kerusakan dan perkiraan kerugian yang dialami warga.

“Kita tidak sanggup sendiri kalau tidak dibantu camat, karena terjadi secara menyeluruh di Pidie,” tukasnya.

Sementara di Banda Aceh dan sekitarnya juga terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Namun sejauh ini tidak mengalami kerusakan. [dilansir dari Haba Daily]

Sementara itu di Gampong Cot Baroh dan sekitarnya menurut pantuan redaksi beberapa pohon tumbang yang mengakibatkan jaringan listrik terganggu dan pedagang mie aceh mengalami kerugian akibat rak dagangan jatuh pada saat badai berlangsung.

Pohon mangga tumbang mengenai kabel listrik di Gampong Cot Baroh

Pohon asan tumbang mengenai kabel listrik sambungan ke rumah masyarakat Gampong Cot Baroh

Pedagang mei aceh menujukan kaca yang pecah di Gampong Cot Baroh

Begitu di Gampong Cot Tunong sebatang pohon kelapa tumbang mengenai atap Meunasah Gampong (Meunasah lama ) Cot Tunong.

Pohon tumbang mengenai badan jalan di Gampong Bili Aron

Sementara di beberapa Gampong disiktar Cot Baroh yaitu Krueng Jangko, Simpang, Panjoe, Amud Mesjid dan Reudeu Meulayu sampai saat berita ini diberitakan listrik masih padam.

Warga sedang membersihkan pohon bayu tumbang yang mengenai kabel listrik dan rumah warga di Gampong Amud Reudeup Meulayu

Tiang Listrik roboh di Iku Lueng Gampong Panjoe Aron

Listrik padam disebabkan oleh tumbangnya beberapa pohon yaitu pohon bayu, melinjoe dan pinang yang menghalang badan jalan dan menimpa ruamh warga di Gampong Reudeup Meulayu, robohnya tiang listrik seperti di Iku Lueng Gampong Panjoe Aron dan gampong Simpang , sejauh ini kerugian belum bisa di taksir. (Redaksi)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan