Kinclongnya Bisnis Batu di Gampong Cot Baroh

www.gampongcotbaroh.desa.id | Cot Baroh (03/02/2015) – Demam batu cincin melanda Gampong Cot Baroh. Para pengrajin meraup rezeki dari kinclongnya batu cincin.

Salahuddin (25), warga Gampong Kreung Jangko yang baru seminggu membuka usaha jasa potong dan asah batu cincin di Warung Kopi Ulee Jembatan Gampong Cot Baroh kebanjiran order.

Di Gampong Cot Baroh, peminat bisnis batu cincin adalah kaum laki-laki. Mereka berkumpul untuk memeriksa isi batu mengunakan senter smartphone. 

Di emperan kios yang tengah direnovasi, Salahuddin menerima sejumlah warga yang ingin memotong dan mengasah batu cincin. Warga bisa melihat-lihat beberapa material batu cincin dan batu siap asah. Jasa mengasah batu cincin antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000 per butir. Harga material batu cincin bervariasi.

Salahuddin memajang material batu dan batu siap olah di rak kaca. Pengunjung yang datang bisa melihatnya secara jelas.

Pengunjung bisa melihat proses mengasah batu. Sembari menunggu batu siap asah, pengunjung bisa menikmati kopi aceh dan mie aceh di Warung Kopi Ulee Jembatan dengah harga terjangkau.

Setiap hari, Salahuddin membuka usahanya mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Kiosnya strategis karena berbatasan langsung dengan jalan antargampong. Banyak warga yang memanfaatkan jasanya. Dalam sehari, Salahuddin mendapatkan keutungan bersih sebesar Rp 80.000.

Salahuddin mempekerjakan Matnu, pemuda asal Gampong Krueng Jangko. Matnu sedang menempuh kuliah di Universitas Jabal Ghafur Sigli. Apabila tidak menjadi buruh bangunan atau bertani membantu orang tuanya di sawah, Matnu membantu Salahuddin memotong dan mengasah batu cincin.

Salahuddin berhasil menangkap peluang bisnis batu cincin. Ia bisa memberikan lapangan kerja untuk warga sekitarnya. [redaksi]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan