Keuchik Diminta Persiapkan Perencanaan Pembangunan Gampong

Pemerintah Kabupaten Pidie

www.gampongcotbaroh.desa.id | Sigli, 17 Januari 2015  – Pemerintah Kabupaten Pidie kini sedang menggodok persiapan penyaluran dana desa. Diperkirakan bulan ini telah rampung dan menunggu dikeluarkan Peraturan bupati (Perbup). Karena itu, para keuchik diminta segara mempersiapkan perencanaan program pembangunan di desanya. “Jika perbup sudah turun, barulah diatur mekanismes dan cara penyalurkan dana desa itu,” ujar Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan Setdakab Pidie, Amiruddin SE MSi, Jumat (16/1).

Setelah ada Perbub, katanya, nantinya akan dijelaskan kesiapan aparatur desa dan cara pengelolaan anggaran. Jika belum ada peraturan resmi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah pun tidak bisa membuat kebijakan terkait dana desa tersebut.

Disebutkan, besaran dana setiap desa ada indikator masing-masing, yaitu jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas desa. Ditambah lagi satu indikator kondisi geografis masing-masing desa.

Maka itu, sebut Amiruddin, untuk sementara tim Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sedang menyiapkan peraturan bupati tentang mekanisme penyaluran, tata cara penetapan per desa, di samping Perbup lainnya walaupun itu sudah ada dalam UU No.6 tahun 2014.

“Perbup ini terus digodok sehingga diharapkan pada bulan ini juga sudah selesai aturannya,” katanya.

Dikatakan, dana itu bukan pembangunan semata, tetapi juga untuk honor aparatur desa itu. “Tahap awal keuchik sudah pernah disosialisasi dan nanti juga akan dijelaskan kembali,”ujarnya. Sementara itu, besar dan dialokasikan pusat untuk dana desa sekitar Rp 29 miliar.

Sumber : aceh.tribunnews.com

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan