Indahnya Panorama Alam Paya Raoh

www.gampongcotbaroh.desa.id | Cot Baroh (15/1/2015) – Paya Raoh adalah sebuah waduk atau bendungan irigasi tradisional yang berada di Mukim Aron, Kecamatan Glumpang Tiga. Letaknya di Gampong Cot Tunong yang berdekatan dengan Gampong Cot Baroh. Paya Raoh pertama kali dibangun oleh Tgk Raoh. Tahun 1963, Tgk Abu Daud Beureueh turun gunung memimpin kerja bakti yang melibatkan 2.000 orang untuk merenovasi bendungan saluran irigasi yang telah dibangun sebelumnya oleh Tgk Raoh. Demikian asal-usul Paya Raoh yang beredar di masyarakat Gampong Cot Tunong dan Gampong Cot Baroh.

Pintu Air Paya Raoh

Tgk Abu Daud Beureueh adalah Tokoh Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Beliau terkenal dalam memimpin perang gerilya. Pidatonya menyihir massa. Beliau tak segan mengayun cangkul dan bergelimang lumpur bersama rakyat untuk merenovasi Paya Raoh pada 14 Juli 1963.

Paya Raoh, 14 Juli 1963

Pemerintah sudah beberapa kali merenovasi Paya Raoh. Waduk ini mengairi persawahan penduduk di Gampong Cot Baroh, Gampong Cot Tunong, dan beberapa gampong di Mukim Aron pada musim tanam gadu. Saat ini, sedang berlangsung musim tanam padi tahunan 2014-2015 dengan intensitas hujan tinggi sehingga membuat padi tumbuh subur dan debit air di Paya Raoh penuh .

Paya Raoh, 15 Januari 2015
Paya Raoh, 15 Januari 2015

Saat debit air penuh, Paya Raoh tampak seperti danau yang terbentuk oleh alam. Keindahannya semakin sempurna karena waduk ini dekat dengan pegunungan dan perkebunan warga. Jika cuaca cerah, banyak pengunjung berkunjung ke Paya Raoh untuk berfoto bersama atau selfie. Eits, hati-hati! Jika hujan turun, akses jalan ke Paya Raoh sedikit berlumpur.[Redaksi]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan