Harga Ikan Melambung, Teuhen Bubei Menjadi Solusi

www.gampongcotbaroh.desa.id | Cot Baroh (14/1/2015), harga ikan melambung di Pasar Teupin Raya. Ikan tongkol yang sebelumnya Rp 8.000 per tumpok (tiga ekor), kini Rp 20.000 per tumpok (tiga ekor). Ikan udang putih Rp 60.000 per kg, kini Rp 160.000 per kg. Bandeng tidak naik, yaitu 15.000 per tumpok (dua ekor/ tiga ekor tergantung besarnya ikan).

bubei

Kenaikan harga ikan di pasar membuat warga Gampong Cot Baroh kembali kepada “teuhen bubei”, yaitu menjaring ikan dengan mengunakan alat tradisional bubei (bubu). Bubei berbentuk seperti rudal sering digunakan warga Gampong Cot Baroh di perairan tawar (sawah, dam/ bendungan, kali, sungai, dan kolam). Bubei terbuat dari potongan bambu yang dipecah kecil-kecil, tali plastik, dan tempurung kelapa.

Agar hasil yang didapatkan banyak, ada beberapa trik yang biasa dilakukan warga. Pertama, menyiapkan pakan untuk membuat ikan tertarik mendekati alat perangkap. Pakan yang disiapkan harus menimbulkan bau tajam ketika direndam dalam air, seperti kelapa muda bakar atau pliek u (patarana) bakar.

Memasang Perangkap Bubei

Kedua, mencari lokasi traget untuk mengoperasikan alat tangkap, yaitu di leung-leung (anak sungai) yang agak dangkal agar alat tangkap mudah dipasang. Warga juga memasang kayu sebagai tongkang supaya alat tangkap tidak terbawa aliran air. Hal lainnya, yaitu meletakkan sampah-sampah dedaunan kayu supaya ikan tertarik mendekati alat tangkap. [SR]

Menutupi perangkap bubei
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan