Gampong Cot Baroh Mewakili Pidie dalam Pelatihan Khusus Pendamping SIDeKa

www.gampongcotbaroh.desa.id | Cot Baroh, 14 Januari 2015 – Gampong Cot Baroh, kemukiman Aron, kecamatan Glumpang Tiga, kabupaten Pidie kembali dipercayakan mewakili kabupaten Pidie  dalam Pelatihan Khusus Pendampingan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) yang dikuti oleh 100 Kabupaten dari perwakilan 34 provinsi di Indonesia. Acara berlangsung di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kampus II UIN Syarif Hidayatullah) Ciputat – Tangerang Selatan selama lima hari, 14 – 18 Januari 2015.

Perwakilan dari Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi. [Sumber : gedhe.or.id]

Latar belakang Pelatihan Khusus Pendampingan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) untuk 100 Kabupaten, yaitu :

  • Desa memiliki hak asal-usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat dan berperan mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945;
  • Desa telah berkembang dalam berbagai bentuk sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan kuat dalam melaksanakan pemerintah dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera;
  • Sebagai subjek pembangunan, desa berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) yang baik, yang dalam pengembangan melibatkan langsung desa sehingga bisa digunakan untuk pembangunan dan kemajuan desa.

Dengan tujuan pokok pelatihan adalah memperkuat kemampuan pandu desa dalam meningkatkan kualitas Pendampingan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa), sedemikian rupa sehingga SIDeKa menjadi bagian strategis dalam upaya-upaya pembaruan desa.

Budiman Soejatmiko, M.Phil, M.Sc pada saat Pelatihan Sistem Informasi Desa dan Kawasan Sesi Kedua [Sumber :  gedhe.or.id ]

Dasar materi pendidikannya sebagai berikut :

  1. Membangun Indonesia dari Pinggir (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Dr. Andrinof Chaniago)
  2. Desa Garis Depan Nawacita (Badan Prakarsan Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Budiman Soejatmiko, M.Phil., M.Sc.)
  3. Percepatan Implementasi UU Desa dan SIDeKa (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, H. Marwan Jafar, SE, MM, SH., MSi)
  4. SIDeKa dalam Kerangka Pembangunan Desa dan Kawasan (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Dr. Noer Fauzi Rachman)
  5. Kesehatan Masyarakat dan SIDeKa (Badan Prakarsan Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Dr. Ilsa Nelwan)
  6. Akselerasi Pembangunan Kedaulatan Pangan dan Pedesaan Melalui Pertanian Rakyat (Menteri Pertanian, Dr. Amran Sulaiman).
  7. Dasar-dasar Pengorganisasian Desa dan Kawasan (Badan Prakarsan Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Dr. Hilmar Farid dan Dadang Juliantara)
  8. Pendampingan SIDeKA (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Tim SIDeKa – Yossy Suparyo).
  9. Perencanaan Kerja Lapangan (Badan Prakarsan Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Dr. Hlmar Farid, Irman Meilandi, Raharja Waluya Jati dan Dadang Juliantara).
  10. ICT untuk Akselerasi dan Pengawasan Pembangunan Nasional (Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika)

 Sumber :  Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan