Relawan TIK Gampong Cot Baroh Bersilaturrahmi dengan Kabag Santel dan PDE Kab Pidie

www.gampongcotbaroh.desa.id | Sigli, 12 Januari 2015, relawan TIK Gampong Cot Baroh sekaligus pengelola website resmi Gampong Cot Baroh bersilaturrahmi dengan Kabag Santel dan PDE kabupaten Pidie. Kemajuan TIK perdesaan di kabupaten Pidie semakin hari semakin berkembang atas inisiatif Relawan TIK Gampong Cot Baroh yang pertama mempelopori Gampong IT di kabupaten Pidie. Kini nama Gampong Cot Baroh membumi di kalangan lembaga swadaya masyarakat pengiat desa tingkat nasional dan sukses membangun mitra hingga Jakarta.

Gampong Cot Baroh pernah mendapatkan Penghargaan Destika desa.id Awards 2014 sebagai Penghargaan untuk desa dan pemerintah daerah yang berkomitmen dan sudah terbukti mendukung penuh pemanfaatan TIK perdesaan serta menggunakan domain desa.id untuk website desa yang disampaikan pada Pembukaan Festival DesTIKa 2014 di desa Tanjungsari, kabupaten Majalengka, Jawa Barat, 26 September 2014 lalu.

Pasca mendapatkan penghargaan Destika desa.id Awards 2014, pada Senin 12 Januari 2015 RTIK berkunjung ke kantor Santel dan PDE Kabupaten Pidie dan mendapatkan masukan yang sangat positif dari Kabag Santel dan PDE Kabupaten Pidie yaitu RTIK Gampong Cot Baroh adalah pemuda yang kreatif melakukan apa yang orang lain belum lakukan. Membangun irigasi di gampong sudah ada orang yang melakukannya, tapi untuk mempromosikan gampong dengan internet belum banyak orang yang melakukannya.

“Untuk mempromosikan gampong dalam internet berbasis website atau portal yang paling utama harus menyediakan data profil gampong meliputi data luas wilayah gampong, alamat gampong, contact gampong (telepon atau sosial media), jumlah penduduk, usia sekolah, pemuda/i, yatim piatu, rumah tidak layak huni, fakir miskin, janda, orang gila, luas tanaman padi, ladang, komoditi, ekonomi, dan sebagainya,” kata Kabag Santel dan PDE Kabupaten Pidie, Drs. Maimun, M.Si.

Tidak menutup kemungkinan semua gampong di kabupaten Pidie akan memiliki website berdomain desa.id untuk sistem informasi gampong yang terintegrasi dengan nasional berisi semua data gampong, akuntabilitas, dan transparansi anggaran. Semoga tercapai, amin. [Redaksi]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan