Makna Harlah GDM Bagi Gampong Cot Baroh

HUT GDM

Video Conference

www.gampongcotbaroh.desa.id | Gerakan Desa Membangun (GDM) tercetus pada 24 Desember 2011 di Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas. Saat itu, Pemerintah Desa Melung menyelenggarakan Lokakarya Desa Membangun (LDM) dengan mengundang Pemerintah Desa Mandalamekar, Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya sebagai kawan diskusi. Desa Mandalamekar berhasil menerapkan strategi baru dalam mengelola sumber daya desa, seperti pertanian, hutan desa, dan konservasi sumber mata air secara mandiri sehingga menyabet penghargaan dalam bidang konservasi alam.

Apa yang dilakukan oleh GDM menginspirasi sampai ke Aceh  sehingga melahirkan Komunitas Gerakan Gampong Membangun pada  hari Minggu tanggal 29 Juni 2014 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1435 H di Gampong Neulop Ruebee, Kecamatan Delima Kabupaten Pidie dalam acara petemuan admin website gampong  yang tergabung dalam domain desa.id se Kabupaten Pidie yang di pelopori oleh Gampong Cot Baroh.

Tujuan dari GGM juga sama dengan GDM yaitu sebagai kritik atas praktik pembangunan perdesaan yang cenderung dari atas ke bawah (top down) dibanding dari bawah ke atas (bottom up). Akibatnya, gampong sekadar menjadi objek pembangunan, bukan sebagai subjek pembangunan. Gampong tidak kurang diberi kewenangan dalam mengelola sumber daya yang ada di wilayahnya.

Pembangunan infrasrtuktur gampong yang cenderung  banyak tidak tepat sasaran, karena lemahnya SDM aparatur gampong dalam mengelola anggaran untuk pembangunan gampong sehingga dan tata kelola pemerintahan gampong sendiri sangat memperihatinkan, Jangankan peralatan komputer, pemerintah gampong sendiri belum memiliki kantor maupun balai gampong. Penyelenggaraan pemerintahan dilakukan di rumah kediaman Keuchik (Kelapa Desa) akibat dari salah kaprah dalam mengelola anggaran.

24 Desember 2014 tepat 3 tahun usia Gerakan Desa Membangun bertepatan dengan momentum satu dekade bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami Aceh yaitu tanggal 26 Desember 2014, Gampong Cot Baroh menguncapkan selamat hari ulang tahun untuk GDM semoga semakin jaya dan banyak desa yang maju berkat adanya GDM serta kami menguncapkan terima kasih (terimoeng geunaseh) untuk GMD yang telah banyak memberikan kontribusi dan arahan  tata kelola website gampong sehingga gampong tampil lebih maju terutama di bidang pemanfaatan kecangihan teknologi informasi dan komunikasi untuk tata kelola pemerintahan gampong yang transparan dan akuntabel.

IMG_4406

Perayaan harlah GDM dipusatkan di Desa Srowot, kecamatan kalibagor, kabupaten banyumas dengan beberapa agenda acara diantaranya Video Conference (dialog) dengan perwakilan Desa-desa seluruh Indonesia yang mana dari Aceh di wakili oleh Gampong Cot Baroh Kecamtan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie live dari Banda Aceh di Kios Halimoen 2 yaitu kantor perwakilan redaksi website Gampong Cot Baroh yang berada Jln T.Nyak Arief Banda Aceh.

IMG_4399

Kios Halimoen

Namun sepekan terakhir sampai hari ini cuaca buruk melanda Aceh sehingga jaringan internet tergangu imbasnya video conference tidak mulus, suara terputus-putus, mengakibatkan ada pertanyaan tidak terjawab mengenai isu yang pro kontra di sosmed yaitu website desa versi indonesiamembangun. [SR]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan