Kueh Bhoi, Si Manis dari Aceh

Kue bolu dengan bentuk-bentuk lucu ini adalah panganan khas Aceh yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuknya sangat bervariasi, mulai dari bentuk ikan, bunga, binatang dan lain-lain.

Kue Bhoi namanya, sajian ini biasa dibawakan ketika mengunjungi sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran. Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria untuk calon pengantin perempuan pada saat acara pernikahan.

Kueh Bhoi Aceh

Pada umumnya seluruh permukaan kue bolu bertekstur lembut, tidak dengan Kue Bhoi. Kue ini dipanggang dengan cetakan khusus sampai tekstur luarnya kering, akan tetapi didalamnya tetap lembut.

Jika ingin menyicip kue bolu unik ini, kita bisa pergi ke pasar-pasar tradisional atau toko khusus yang menjual kue khas Aceh, seperti di Pasar Aceh, Pasar Seutui, dan gerai-gerai yang berjejer di ruas Jalan Lampisang, Lhoknga dan Aceh Besar.

Bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, caranya pun tidak terlalu sulit. Telur dikocok sampai mengembang hingga bau amis hilang, kemudian ditambahkan gula dan tepung hingga menjadi adonan yang utuh. Adonan dipanggang dengan cetakan yang terbuat dari kuningan, semakin sering cetakan digunakan, akan semakin baik untuk memanggang karena adonan tidak akan lengket.

Bhoi dikenal sebagai camilan yang minim bahan baku, membuatnya hanya membutuhkan tepung terigu, telur dan gula dengan perbandingan 1:1:1. Uniknya, meski tidak menggunakan bahan pengawet, Kue Bhoi dapat bertahan hingga berbulan-bulan, kandungan gula lah yang berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet. Kelebihan lain dari Kue Bhoi adalah, tidak adanya zat pewarna pada makanan ini.

Di Gampong Cot Baroh sendiri, keuh bhoi ini di buat pada saat adaa acara-acara besar dan hari-hari besar misal  acara pesta perkawinan, haul orang meninggal, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Resep Kueh Bhoi Kas Aceh

Kalau Anda berkunjung ke Aceh, ada satu jenis kue yang menjadi ciri khas daerah ini. Namanya adalah kue Bhoi. Kue ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Dengan perbandingan takaran 1:1:1, Anda tinggal menyiapkan tepung terigu, telur, dan gula. Anda pun bisa membuatnya dengan beragam bentuk. Di Aceh sendiri, kue Bhoi sering ditemui dicetak dalam bentuk ikan, binatang, bunga, dan sebagainya.

Untuk mencicipi kue ini, Anda tinggal pergi ke toko atau pasar tradisional di Aceh. Kue Bhoi banyak ditemui di Pasar Aceh, Pasar Seutui, dan toko-toko di daerah Lhoknga, Aceh Besar, dan Lampisang dan pantai utara di Keude Lueng Putu Pidie Jaya, Beureuneun dan Kota Sigli.

Kueh Bhoi Ikan ” Berbentuk Ikan”

Kue Bhoi memiliki tekstur bagian luar kering, namun cukup lembut di bagian dalamnya. Dan, kue Bhoi bisa tahan beberapa bulan. Makanan ini tahan lama dengan perantaraan gula sebagai pengawet.  Seringkali, kue Bhoi disajikan dalam berbagai acara hajatan seperti kelahiran, pernikahan, atau sunatan. Tidak ketinggalan, masyarakat Aceh juha menggunakan kue ini sebagai oleh-oleh saat bertamu ke tempat orang lain.

Kalau Anda tidak sempat ke Aceh, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut ini resep untuk membuat kue Bhoi :

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 2 bungkus vanili
  • ¼ sendok soda
 Cara membuat:
  1. Masukkan telur dan tambahkan gula pada baskom atau wadah lain. Kocok sampai mengembang.
  2. Masukkan vanili dan soda, kemudian kocok lagi sampai menyatu.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang sampai matang.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan