Komunitas MIT Lucurkan GampongNet

www.gampongcotbaroh.desa.id | Komunitas Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) meluncurkan program GampongNet. Sebuah layanan informasi situs-situs positif yang berjumlah lebih dari 100 alamat khususnya situs lokal yang tersedia di Aceh.

oordinator bagian Humas MIT, Dosi Elfian, kepadaSerambinews.com Sabtu (6/12/2014) mengatakan, saat ini di Indonesia ada 80 juta pengguna internet aktif, jumlah yang sangat besar dan diperkirakan akan terus meningkat.

“Jamaah internet ini pun sudah merambah sampai ke gampong-gampong. Oleh karena itu, Komunitas MIT meluncurkan program ini dan yang dapat diakses di www.gampong.net,” katanya.

Menurut Dosi Elfian, pengunjung dapat memilih berbagai situs dari berbagai kategori seperti kategori situs-situs resmi pemerintahan kabupaten/kota se-Aceh,perguruan tinggi, sekolah, dayah, masjid, email, media sosial, tokoh masyarakat, berita online, komunitas, travel agent, kuliner sampai aplikasi legal yang gratis.

Peluncuran GampongNet itu diharapkan dapat memudahkan pengunjung mengakses informasi positif yang ingin di akses sehingga tidak tersesat ke situs-situs negatif serta meminimalkan penggunaan mesin pencari seperti google, yahoo yang menjadi pintu masuk situs atau konten negatif.

Selain itu, menurut Dosi, komunitas MIT yang sejak tahun 2009 aktif mensosialisasikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang positif dan produktif ini mendorong terwujudnya transparansi informasi publik sesuai peraturan yang diterapkan pemerintah dalam UU No.14 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Direktur Eksekutif MIT sekaligus Project Manager Program GampongNet, Teuku Farhan menambahkan, komunitasnya mengajak masyarkat berpartisipasi menjadi bagian dari solusi dari beragam persoalan maraknya konten negatif.  Masyarakat, kata Farhan dapat berpartisipasi salah satunya dengan cara merekomendasikan situs-situs positif melalui email: info@mit.or.id atau SMS 087890001233.

Menurut Teuku Farhan, GampongNet dikerjakan secara sukarela oleh relawan MIT ini memiliki rencana ke depan menjadi situs mesin pencari lokal dan rujukan utama yang akan diterapkan di sekolah, dayah, dan gampong yang berminat tanpa dikutip biaya apa pun.

Sumber : aceh.tribunnews.com

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan