Saatnya Kelompok Informasi Gampong Cot Baroh Berkembang

KIG COT BAROHKelompok Informasi Gampong Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.

Kelompok Informasi Gampong (KIG) merupakan media forum kelompok masyarakat yang memilki aktifitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya serta untuk lebih lanjut dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Singkatnya KIG merupaan layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Program Pemerintah Aceh dalam memberikan informasi kepada masyarakat dengan mudah tepat dan akurat, yaitu dengan meningkatkan peran dari Kelompok Informasi Gampong (KIG).

Dalam sambutan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi Informasi dan Telematika Aceh, Rizal Aswandi yang di bacakan oleh Kabid Manajemen Data Base A. Aziz dalam acara Konsultasi Komunitas Infokom se- Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh (3/9).

Dengan peningkatan peran KIG diharapkan masyarakat di tingkat gampong  dapat memperoleh memperoleh informasi dari pemerintah Aceh maupun  Kabupaten/Kota dengan mudah sesuai dengan UUD  14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, jelas Aziz

Dengan KIG Pemerintah Aceh berharap partisipasi masyarakat dalam peningkatan peran dari Kelompok Informasi Gampong dalam hal penyebaran informasi di tingkat gampong serta memudahkan masyarakat lainnya mendapatkan informasi tepat dan akurat guna untuk memajukan Aceh dari segi Informasi.

Saat ini perkembangan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi sedang berkembang pesat di Gampong Cot Baroh, akan tetapi kesadaran masyarakat untuk memaanfaatkan kecangihan teknoknologi tersebut masih kurang dalam hal  promosi gampong dalam internet.

Kami selaku pemuda Gampong Cot Baroh yang sudah mengenal dan mengerti sisi positif dan negatif dari kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (internet) kami memcoba mengaplikasikan hal positif dari kecangihan teknologi informasi tersebut dengan menyediakan informasi gampong di internet atau dinamakan dengan membangun gampong dengan media, ini sudah dimulai sejak tahun tahun 2012 berjalan satu-satu mulai dari membuat facebook fanpage, blogspot, akun facebook resmi gampong, grup facebook resmi gampong, twitter hingga diakhir 2013 kita memeliki halaman sites resmi gampong berdomain desa.id [www.gampongcotbaroh.desa.id] yang kami daftar di website http://desa.web.id/ sebagai tempat khusus pendaftaran website gampong atau sebutan-sebutan lain di indonesia domain desa.id dengan platform wordpress hingga membawa Gampong Cot Baroh tampil di TVRI Aceh pada acara mengenal IT dengan Tema Gampong online pada tanggal 18/08 lalu bersama MIT Aceh.

Muhammad Dahlan Gantoe selaku Pembina redaksi www.gampongcotbaroh.desa.id pada saat tampil di TVRI ACEH menggantikan redaksi karena tidak dapat hadir

Selama kami membangun gampong dengan media kami tidak pernah mendapat pelaitihan khusus dari Pemerintah yaitu dinas Perhubungan, Komunikasi Informasi dan Telematika, jika ada masalah teknik yang kami keluhkan kami akan berkonsultansi dengan mesin pencari google terlebih dahulu apabila google tidak memberikan informasi yang jelas kami akan berkonsultasi dengan rekan gampong lain yang tengah membangun gampong/desa dengan media baik di Aceh maupun Nasional.

Kelompok Informasi Gampong atau KIG sepengetahun kami hal ini masih awam dikalangan masyarakat di pedalaman Pidie lebih-lebih di Gampong Cot Baroh karena masih kurangnya sosialisasi dari dinas terkait dan saat ini Gampong Cot Baroh belum ada kantor keuchik sebagai pusat administrasi gampong dan data gampong sehingga pembangunan gampong dalam bidang administrasi dan informasi lamban.

Kami pemuda mencoba untuk memperkenalkan KIG ke masyarakat dengan membuat grup Kelompok Informasi Gampong pada aplikasi blackberry dengan mempertimbangkan belum ada kantor keuchik biar kita mulai disini dulu. Grup yang terkoneksi Aceh hingga Jakarta, Kalimantan dan Malaysia. Saat ini masyarkat Gampong Cot Baroh ada di Banda Aceh, Jakarta, Kalimantan dan Malaysia sudah bisa berkomunikasi sesama merka didalam grup blackberry, rencana kami grup ini akan dipadukankan dengan halaman sites gampong diumpakan grup KIG Cot Baroh sebagai tempat warga mengumpulkan berita “jurnalis warga” yang akan diupload ke sites resmi gampong yang jangkauan lebih luas.

KIG COT BAROH 2KIG COT BAROH 3

Demikianlah kemajuan yang dapat kami kabarkan lebih dan kurang kami mohon maaf karena kita tidak ada bimbingan khusus dan kami berharap adanya bimbingan khusus dari Dinas Perhubungan, Komunikasi Informasi Pidie untuk datang langsung ke Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie guna  membicarkan hal ini dengan Perangkat Gampong, Pemuda, Tokoh  Masyarakat dan seluruh lapisan masayarakat supaya ada kejelasan  anggaran operasional untuk hal ini baik dari Gampong atau Kabupaten dan  adanya peralatan komputer untuk melatih perangkat gampong yang masih gagap teknologi guna menjalankan salah satu visi misi Dishubkominfo Pidie yaitu menyediakan informasi hingga ke pelosok gampong dan baru – baru ini Pemerintah Kabupaten Pidie sudah memulai e-goverment semoga e-goverment berjalan sampai ke gampong-gampong .[Redaksi]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan