Meugrob di Pedir Raya Festival 2014

Pertunjukan tarian Meugrob di panggung arena Pedir Raya Festival 2014. AtjehLINK/Zian

Pidie – Meugrob, tarian tradisional Pidie menjadi andalan pementasan di panggung Pedir Raya Festival (PRF) 2014, Selasa (16/09/2014) malam. Tarian dengan gerakan khas hentakan kaki serentak para penari ini, dan tampil di puncak rangkaian acara, dipertunjukkan oleh para penari dari Gampong Pulo Lueng Tugha, Kecamatan Geulumpang  Tiga, Pidie.

Pertunjukan tarian Meugrob ini berhasil memukau ribuan orang yang memadati arena Pedir Raya Festival 2014, yang diselenggarakan di lapangan Keunire, Pidie. Pantauan AtjehLINK, para pengunjung tampak terkesima saat pertunjukan tarian Meugrob dilangsungkan, khususnya saat gerakan hentakan kaki serentak dan berirama dari para penari.

Menurut Kabag Humas Setdakab Pidie, Muhammad Harris, penampilan tari Meugrob malam ini, dinilai mampu memuaskan pengunjung yang sudah lama menantikan pertunjukan tarian kebanggaan Pidie tersebut. Para penari, kata dia, berhasil membangkitkan semangat pengunjung untuk lebih mengenal dan mencintai seni budaya khas Pidie tersebut.

Ia menjelaskan, di masa perang dahulu, tarian Meugrob sering dimainkan untuk membangkitkan semangat para pejuang. Saat ini, jelas dia, tarian Meugrob hanya ada dan dilestarikan oleh warga Gampong Pulo Lueng Tugha.

Karena itu, ia berpesan agar tarian Meugrob terus dijaga dan dapat diwariskan kepada generasi Pidie mendatang. “Mari kita jaga seni budaya Pidie yang berharga dan penuh sejarah ini,” ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan Asisten II Setdakab Pidie, Maddan SE MSi. Pria yang juga koordinator PRF 2014 ini, mengaku sangat terkesan denagan penampilan tarian Meugrob malam ini.

“Tarian seperti ini harus diabadikan dan dikembangkan, karena hanya ada di Pidie, tidak ada di belahan lain Aceh,” ungkapnya sumringah. (Zian) [Sumber: atjehlink.com]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan