Masyarakat Gampong Cot Baroh Kembali Turun Ke Sawah

Untitled
Sawah Sedang Di Garab

Gampong Cot Baroh 10 Mei 2014, Paska panen raya  bulan april  lalu, kini Masyarakat Gampong Cot Baroh yang berprosesi sebagai petani kembali turun ke sawah untuk menggarap sawah musim tanam padi MTG 2014.

Pada tahun ini masa tanam padi MTG lebih cepat dari pada  biasanya, ini disebabkan oleh indentitas hujan yang tinggi sehingga debit air pada bendungan irigasi tradisional Paya Raoh memungkinkan untuk masa tanam padi MTG 2014 untuk dimulai lebih cepat dan baru siapnya normalisasi dan rehab rekon bendungan irigasi tradisional paya raoh pada akhir tahun anggaran 2013 lalu.

10257006_339143409566425_6727734107517546310_n
Bendungan Paya Raoh

Bendungan tradisional ini digunakan untuk menampung air hujan dari pergunungan untuk distribusikan ke sawah-sawah masyarakat terutama pada saat musim tanam padi gadu. Namun pada tahun ini tidak semua sawah yang berlokasi di Gampong Cot Baroh  di garab karena faktor cuaca yang berubah-rubah tidak menentu efek dari global warming atau lebih di kenal dengan istilah pemanasan global.

Ketika musim kemarau terjadi debit air pada bendungan irigasi tradisional Paya Raoh  bisa menyusut dratis hal ini akan membawa dampak buruk bagi petani di gampong cot baroh dan sekitarnya seperti yang telah terjadi beberapa tahun belakangan maka oleh sebab itu hanya sebagian sawah saja yang di garab.

│Editor By Pengembang TIK Gampong Cot Baroh│ Photo By Disli Putra│

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan