Leumang, Makanan Tradisional Rumpun Melayu Kuno ala Warga Gampong Cot Baroh

10301522_340063379474428_3493839857691939279_n

Gampong Cot Baroh 10 Mei 2014  – Warga Gampong Cot Baroh Sedang memasak lemang “Teud Leumang”  teud itu bahasa Aceh jika di artikan ke bahasa Indonesia adalah memangang atau memasak.

Lemang atau dalam bahasa Aceh dikenal dengan leumang merupakan salah satu makanan (peunajoh) rumpun Melayu tradisional yang terbuat dari beras ketan dan santan dan dimasak dengan buluh bambu berlubang dilapisi dengan daun pisang untuk mencegah beras menempel ke bambu.

Metode memasak menggunakan wadah bambu ini sangat populer, tidak hanya dikenal di daerah Aceh melainkan juga Suku Dayak Iban yang berada di Kalimantan. Biasanya dipersiapkan untuk perayaan seperti pesta panen pada Hari Gawai. Di Gampong Cot Baroh lemang biasanya dimakan dengan selai, gula atau durian.

Lemang ini populer di Indonesia, Malaysia, terutama masyarakat di Aceh, Minangkabau dan masyarakat Iban di Kalimantan. Sementara untuk orang Manado, biasanya lemang dibuat dengan menggunakan metode tapai. Lemang sekarang dapat ditemukan di seluruh Indonesia karena penyebaran orang Minangkabau di seluruh Negeri.

Lemang di antara masyarakat Melayu pada umumnya biasa dimakan untuk menandai akhir dari bulan puasa atau diacara maulid, tetapi untuk di Gampong Cot Baroh tidak mesti pada saat puasa atau acara maulid, lemang dibuat kekita ada “Breuh Pade Baroe”  breuh pade baroe yang artinya beras yang baru siap di panen dari padi sawah yang umumnya adalah beras ketan atau dalam bahasa Aceh di sebut Breuh Leukat.

lemang bambu1

Mari kita mencoba untuk belajar memasak lemang  dan kebetulan resep masakan ini asalnya dari Gampong Cot Baroh.

Bahan – bahan nya sebagai berikut :

  • 5 batang bambu atau lebih kalau sanggup
  • 3 buah kelapa tua (di ambil santan nya); disesuaikan dengan banyak lemang yang akan dimasak
  • Beberapa pucuk ddaun pisang yang muda
  • 3 bambu beras ketan
  • Lidi muda ; disesuaikan dgn jumlah lemang yang dimasak dan garam secukup nya.

Cara pembuatan nya :

  • Rendam beras ketan kemudian bersihkan.
  • Buah kelapa tua diperas dan ambil 5 cawan santannya,lalu tambahkan garam secukup pada santan tersebut kemudian aduk hingga rata.
  • Cuci dan bersihkan batang bambu sebersih bersihnya.
  • Masukan pucuk daun pisang secara melingkar kedalam batang bambu dengan baik.
  • Masukanlah beras ketan kedalam bambu setelah itu masukkan juga santan tadi secukup nya kedalam bambu yang sudah terisi beras ketan.

Ingat: santan nya harus lebih banyak dari beres ketan karna kalau kurang lemang nya nanti jadi mentah.

  • Lalu tusukkan lidi muda kedalam beras ketan itu. Pangkalnya dibawah. Tujuannya agar santan bisa terserap penuh kedalamberas ketan.

10171891_338075139673252_6111081591720919463_n

Cara memasak lemang ternyata tidak terlalu sulit, cuma kita perlu menyiapkan beberapa bahan saja, mudah kok bahan nya buatlah 2 tiang penyangga dari kayu dengan ukuran setengah meter lalu tancapkan ke tanah kedua tiang tersebut dengan sejajar,dan letakan besi bulat diatas kayu penyangga tersebut, lalu hidupkan api (api kayu atau tempurung).

lemang. Setelah api hidup, letakan dan susunlah bambu yg sudah terisi beras ketan tersebut diantara api kedua penyangga tersebut. Supaya lemang tidak masak sebelah kita harus memutarkan bambu tersebut supaya masak nya merata dan jika tangan tidak tahan panas sebaiknya gunakan sarung tangan atau besi untuk memutar lemang bambu tersebut.

Editor : Pengembang TIK Gampong Cot Baroh

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan