Potensi Sekitar Kita – Biji Hitam Si Penghemat Energi

lawah 2Akhir-akhir ini, Indonesia sering sekali dikejutkan dengan langkanya ketersediaan bahan bakar, diantaranya beberapa kota besar di Indonesia yang persediaan stok bahan bakarnya semakin menipis saja, dan juga produksi peningkatan kendaraan bermotor atau mobil murah juga telah mulai banyak kita lihat, contohnya seperti di Ibukota sendiri.

Dalam waktu satu tahun, tingkat penjualan kendaraan bermotor di Indonesia naik menjadi 68.839.341 unit pada tahun 2011. Sedangkan penjualan mobil didalam negeri mencetak rekor tersendiri tertinggi sepanjang sejarah, mencapai 103.219 unit pada Juli 2012 lalu. Penjualan tertinggi sebelumnya terjadi pada bulan Juni lalu, sebanyak 101.743 unit. Hal ini menyebabkan banyak permintaan bahan bakar kepada konsumen untuk mengisi bahan bakar mereka, dari sepeda motor sampai mobil.

Akhir-akhir ini, Indonesia sering sekali dikejutkan dengan langkanya ketersediaan bahan bakar, diantaranya beberapa kota besar di Indonesia yang persediaan stok bahan bakarnya semakin menipis saja, dan juga produksi peningkatan kendaraan bermotor atau mobil murah juga telah mulai banyak kita lihat, contohnya seperti di Ibukota sendiri.

Dalam waktu satu tahun, tingkat penjualan kendaraan bermotor di Indonesia naik menjadi 68.839.341 unit pada tahun 2011. Sedangkan penjualan mobil didalam negeri mencetak rekor tersendiri tertinggi sepanjang sejarah, mencapai 103.219 unit pada Juli 2012 lalu. Penjualan tertinggi sebelumnya terjadi pada bulan Juni lalu, sebanyak 101.743 unit. Hal ini menyebabkan banyak permintaan bahan bakar kepada konsumen untuk mengisi bahan bakar mereka, dari sepeda motor sampai mobil.

Dan yang paling banyak mencoba untuk pengganti bahan bakar adalah menggunakan minyak dari Buah Jarak (Jathropa curcas L). Buah Jarak sendiri merupakan tanaman semak keluarga Euphorbiaceae. Tanaman ini tahan kekeringan dan dapat tumbuh di tempat-tempat dengan curah hujan 200 mm hingga 1500mm per tahun. Dalam waktu 5 bulan. Tanaman jarak sudah bisa menghasilkan buah yang banyak pada ujung batangnya.

Bagian tanaman jarak yang dapat dimanfaatkan adalah biji, akar, daun dan minyak dari bijinya.Bagian daun digunakan sebagai obat untuk penyakit koreng, eczema, gatal (pruritus), batuk sesak dan hernia.  Bagian akar digunakan untuk rematik sendi, tetanus, epilepsy, bronchitis pada anak-anak, luka terpukul, TBC kelenjar dan schizophrenia (gangguan jiwa).

Bagian bijidigunakan untuk mengurangi kesulitan buang air besar (konstipasi), kanker mulut rahim dankulit (carcinoma of cervix and skin), visceroptosis/gastroptosis, kesulitan melahirkan dan retensiplasenta/ari-ari, kelumpuhan oton muka, TBC kelenjar, bisul, koreng, scabies ,infeksi jamur danbengkak. Manfaat dari tanaman jarak tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup kita kedepannya. Selain digunakan untuk kesehatan dan medis, tanaman jarak pada bagian biji nya yang telah diolah menajdi minyak bisa kita gunakan untuk pengganti bahan bakar minyak.

Minyak biji jarak merupakan jenis minyak yang tergolong baru, yang akhir-akhir ini dipopulerkan untuk bisa dijadikan sebagai minyak biodiesel untuk pengganti bahan bakar fosil yang mulai menipis ketersediaannya, minyak jarak merupakan minyak berjenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman jarak yang melalui berbagai tahapan seperti melali proses ekstraksi dengan menggunakan mesin pengepres minyak.

Ekstraksi yang dihasilkan dari tanaman tersebut telah memberikan dan meningkatkan nilai ekonomi lebih terhadap pohon jarak itu sendiri, tanaman ini sendiri dapat menghasilkan 40 ton biji per hektare dengan harga jual biji sekitar 2000 per kilogram. Bahan yang terkandung pada biji dan minyak jarak adalah yaitu terdiri dari 75% kernel (daging biji) dan 25% kulit dengan komposisiKimia.Minyak jarak mempunyai kandungan asam lemak .Komposisi kimia biji jarak yaitu: Minyak 54 %.karbohidrat 13%, Serat 12,5%,Abu 2,5 % , Protein 18%Kandungan asam lemak minyak biji jarak Asam Asam Risinoleat 86 %,Asam Oleat 8.5 % AsamLinoleat 3.5 % ,Asam Stearat 0.5-2.0 %, Asam Dihidroksi Stearat 1-2 % 4. Lantas bagaimanakah cara sederhana untuk bisa membuat minyak jarak agar bisa diolah menjadi bahan bakar  minyak ?

Disini akan ada 2 tahap, yang pertama adalah Proses Pengolahan Minyak Biji Jarak dan Proses Pembuatan Minyak Biji Jarak.

Proses Pengolahan Minyak Biji Jarak sendiri meliputi

  1. Pengeringan buah jarak untuk mengeluarkan biji dari buah jarak
  2. Pengeringan biji jarak hingga diperoleh kadar air biji 6%
  3. Pemisahan kulit biji (cangkang) dengan daging biji yang dapat dilakukan     secara manual atau menggunakan mesin pemisah biji jarak, dan
  4. Proses pemanasan daging biji (steam) pada suhu 170oC selama 30 menit.

Proses Pembuatan Minyak Jarak

Minyak jarak dapat diperoleh dari biji jarak yang sudah tua dan diproses dengan cara pengepresan.  Disini biji jarak yang digunakan adalah biji jarak pagar dari buah yang sudah cukup tua, yang ditandai dengan kulit buah yang sudah menguning.  Buah yang masih berkulit ini kemudian dijemur selama 3 hari hingga kering dan kulitnya menjadi pecah dengansendirinya.   Untuk memisahkan bagian biji dengan kulit buah dilakukan dengan menggunakan alat pemisah biji.

1383178238222737819

Dengan alat tersebut, biji utuh yang diperoleh sekitar 48% dan biji pecah3%.Biji yang sudah dipisahkan dari cangkangnya kemudian diberi pemanasan pendahuluan, yaitu berupa pemanasan dengan uap pada suhu 170o C selama 30 menit, pemanasan dengan oven padasuhu 105oC selama 30 menit serta pemanasan dengan penggongsengan biji sehingga biji cukuppanas untuk dilakukan pengepresan.

Cara Membuat Minyak Biji Jarak

Jemur biji jarak selama 2 hari, setelah itu pecahkan untuk memisahkan antara daging dan kulit. Kemudian daging biji jarak di giling dan diperas. 3 kilogram biji jarak bisa menghasilkan 1 liter minyak jarak yang bisa digunakan untuk sebagai bahan pengganti solar.

Jadi, sangatlah mudah untuk menghemat energi dengan cara seperti itu bukan?Tapi ingat, cara seperti ini tidaklah efektif untuk mengatasi krisisnya ketersediaan bahan bakar minyak, karena beberapa kendaraan bermotor / mobil saat ini sudah beralih menggunakan premium dari pada solar, dan juga teknologi baru yang diciptakan dengan menggunakan energi listrik.- KOMPAS

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan