Ketua Putroe Aceh Pidie Lolos ke Parlemen Aceh

Pidie – Hj Ummi Kalsum SPd yang akrap di sapa oleh Masyarakat Gampong Cot Baroh dan sekitarnya dengan Sebutan “Ibu Biet” atau akrap di panggil Umi Putroe Aceh adalah satu-satunya Caleg perempuan yang diusung Partai Aceh dari Dapil Pidie-Pidie Jaya dipastikan melenggang ke parlemen Aceh (DPR Aceh-red), Jumat (26/4/2014).

Aktivis perempuan pada era konflik dan juga Ketua LSM Putroe Aceh Pidie ini adalah figur perempuan yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Sekolah Dasar 3 Teupin Raya dan sebelum menjadi Kepala Sekolah Dasar 3 Teupin Raya Ibu Biet pernah menjadi Guru alias Umar Bakri di Sekolah Dasar Negeri Cot Baroh bahkan sampai menjadi Kepala  Sekolah Dasar Negeri Cot Baroh. Putri asli Pidie dipastikan lolos ke DPRA usai ditetapkan dalam rapat pleno KIP Aceh di Gedung DPRA.

Pada masa konflik, Ummi Kalsum terlibat aktif dalam memperjuangkan HAM di Aceh. Ia erhasil menorobos jantung pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk berkomunikasi langsung dengan Panglima GAM saat itu Tgk Abdullah Syafi’­­­­i (Alm).

Pada tahun 2002, alumni Universitas Syiah Kuala ini juga pernah mendekam di penjara dituduh sebagai sayap kanan GAM. Walaupun dalam jeruji besi, perjuangan Ummi Kalsum dalam memperjuangkan keadilan di Aceh tidak pernah terhenti. Setelah keluar dari penjara, ia kembali  menyuarakan keadilan di Aceh akibat kekejaman perang yang melanda Bumoe Seramoe Mekkah ini.

Pada tahun 2007, ia terpilih sebagai perwakilan dalam pertemuan wanita korban konflik sedunia yang diadakan di Jakarta. Di sana, Ummi Kalsum menyuarakan tangisan- tangisan perempuan Aceh yang ditindas pasca konflik berdarah di Aceh.

Tentu dengan pengalamannya ini, menjadi bekal dalam hal mencari solusi dan memperjuangkan harkat martabat perempuan Aceh menjadi sebuah visi dan misinya di dalam parlemen Aceh kedepan. (Dilansir Dari Berbagai Sumber)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan