Ayo Kita Menanam Padi Ladang / Pade Glee

Foto1540
Bapak Nurdin Gade

Cot Lupee Gampong Cot Baroh 2 Febuari 2014. Bapak Nurdin Gade, Warga Gampong Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie. Bapak Nurdin Gade yang berposesi sebagai petani dan pekebun ia menanam padi ladang dengan luas 3 Ha di kebunnya kawasan Glee ”bukit” Cot Lupee Gampong Cot Baroh yang kini padinya sedang mengandung cabang biji, jika dilihat dalam tradisi adat Aceh padi tersebut sudah bisa dilakukan kanduri keumaweueh. kanduri keumaweueh adalah tradisi pihak keluarga dari suami akan mengunjungi keluarga pihak istri sekaligus penghormatan terhadap calon ibu yang sedang mengandung cabang bayi namun tradisi ini juga di lakukan pada tanaman  induk padi yang sedang mengandung cabang biji.

Foto1532Di samping kebun Bapak Nurdin Gade juga terdapat beberpa petak sawah yang telah ditanami padi sawah, kini padi ladang milik Bapak Nurdin Gade sudah berusia tiga bulan dua hari dan dipekirankan dua bulan lagi Bapak Nurdin Gade akan menuai panen padi dari ladangnya sebab dari masa tanam hingga masa panen padi ladang membutuhkan kurun wwaktu lima bulan jadi sanga jelas perbedaan dengan padi biasa “sawah” yang membutuhkan kurun waktu tiga bulan atau empat bulan, sebelumnya Bapak Nurdin Gade telah memanen durian di kebunya kawasan Paya Raoh, Demikianlah Jurnalis Warga ini, Jika ada kata yang salah bisa di maklumi sebab kami baru belajar jurnalis warga untuk mengisi berita di web gampongcotbaroh.desa.id. [cole]
Foto1535Foto1537 Foto1533Penulis Nama          :  Muhammad Julfitra, Pekerjaan     : Pelajar / SMAN 1 Glumpang Tiga, Alamat        :  Gampong Cot Baroh   Kecamatan Glumpang Tiga.

Foto1508
Muhammad Julfitra

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan